Alumni Fakultas Psikologi

loading...
Nama Rafika Pratiwi
Nim #########
E-mail R.Pratiwi@alumni.unair.ac.id
Alamat #########
Kelahiran 1987
Tgl. Lulus 28-09-2010
Tgl. Wisuda 20-11-2010
Bidang Ilmu PSikologi
Jenjang PROGRAM SARJANA
SKS 147.00
IPK 3.46
Pembimbing.I Nono Hery Yoenanto, S.Psi., M.Pd.
Tugas Akhir Gambaran Pengabdian Guru di Sekolah Marjinal (Studi Kasus) di SMP satu Atap Sucopangepok, Jember)
Abstrak ABSTRACT Rafika Pratiwi, 110610143, The Description of the Dedication of Teachers in Marginalized School (Case Studies in the Junior High School of Sucopangepok, Jember), Thesis, Faculty of Psychology Airlangga University, Surabaya, 2010. x + 223 page, 227 attachments. This research aims to reveal the dedication of teachers in marginalized school. The dedication of teachers can be defined as a willingness to totally involved in their job as teachers which is then associated to the personal characteristics and professional development of a teacher. The conditions such as lack of reward, limited infrastructure and unfavourable human resource conditions make the tasks and challenges faced by teachers in marginalized schools are far more greater than of teachers in urban areas. Thus, the elements of dedication of teachers in marginalized schools can be more clearly observed. This study will also explore the different factors that affect dedication of teachers in marginalized schools, both external and internal factors. This research was conducted in a marginal school that exist in Jember, namely Junior High School of Sucopangepok. This school is selected as it is located in a remote and disadvantaged area and has a low of Gross Enrolment Ratio (GER). The respondents of this study consist of four teachers. The data was collected using in-depth interviews and field recording and analysed with coding analysis. The analysis results suggest that teachers in Sucopangepok School have a dedication in the form of a willingness to utilize all their capabilities to advance education in disadvantaged areas. Their effort can be seen in the way they give more attention to their students as well as motivate them to pursue higher education. Internal factors that influence the dedication of teachers, among others: (1) the awareness to promote education in a underdeveloped village, (2) professional commitment, (3) the perception that their presence is needed. While the external factors that affect the dedication of teachers, among others: (1) principal leadership, (2) salary, (3) the government's attention to the teachers in marginalized schools. Keywords: dedication of teachers, commitment of teachers, marginalized school. References, 43 (1989 – 2010) ABSTRAK Rafika Pratiwi, 110610143, Gambaran Pengabdian Guru di Sekolah Marjinal (Studi Kasus di SMP Satu Atap Sucopangepok, Jember), Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 2010. x + 223 halaman, 227 lampiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengabdian guru di sekolah marjinal. Gambaran pengabdian guru merupakan suatu kesediaan untuk memberikan segala yang dimilikinya yang kemudian dihubungkan dengan karakteristik personal dari seorang guru dan pengembangan profesional. Minimnya reward, keterbatasaan sarana prasarana serta kondisi sumber daya manusia yang kurang baik menjadikan tugas dan tantangan bagi guru di sekolah marjinal jauh lebih berat dari pada guru-guru yang ada di daerah perkotaan. Dengan demikian, unsur pengabdian guru di sekolah marjinal menjadi lebih dapat teramati secara jelas. Penelitian ini juga akan mendalami beragam faktor yang mempengaruhi pengabdian guru di sekolah marjinal, baik faktor eksternal maupun faktor internal. Penelitian tentang pengabdian guru ini dilakukan di sekolah marjinal yang ada di Jember, yaitu SMP Satu Atap Sucopangepok. Alasan pemilihan SMP Satu Atap Sucopangepok sebagai lokasi penelitian dikarenakan sekolah tersebut terletak di daerah tertinggal, terpencil, dan memiliki Angka Partisipasi Kasar (APK) yang rendah. Informan penelitian sejumlah 4 orang guru. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa wawancara mendalam dan pencatatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan analisis koding. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa guru di SMP Satu Atap Sucopangepok memiliki pengabdian berupa kesediaan untuk mendayagunakan segala kemampuan yang dimilikinya guna memajukan pendidikan di daerah tertinggal. Usaha tersebut terlihat dari cara mereka memberikan perhatian yang lebih untuk siswanya dan menumbuhkan motivasi siswa untuk melanjutkan sekolah. Faktor internal yang berpengaruh pada pengabdian guru, antara lain: (1) kesadaran untuk memajukan pendidikan di desa tertinggal; (2) komitmen profesi; (3) persepsi bahwa keberadaannya dibutuhkan. Faktor eksternal yang berpengaruh pada pengabdian guru, antara lain: (1) kepemimpinan kepala sekolah; (2) gaji; (3) perhatian pemerintah terhadap guru di sekolah marjinal. Kata kunci: pengabdian guru, komitmen guru, sekolah marjinal. Daftar Pustaka, 43 (1989 – 2010)
 
Data Pekerjaan
Pekerjaan 0
Nama.Instansi 0
Bidang.Pekerjaan 0
Mulai.Bekerja
Jabatan 0
Alamat.Pekerjaan 0
Kota.Pekerjaan 0
Telpon.Kantor 0

Google Scholar