Alumni Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

loading...
Nama Anggaunitakiranantika, S.Sos.
Nim #########
E-mail Anggaunitakiranantika@alumni.unair.ac.id
Alamat #########
Kelahiran 1985
Tgl. Lulus 09-07-2010
Tgl. Wisuda 31-07-2010
Bidang Ilmu Sosiologi
Jenjang PROGRAM MAGISTER
SKS 47.00
IPK 3.61
Pembimbing.I I.B. WIRAWAN
Pembimbing.II SUBAGYO ADAM
Tugas Akhir MIGRASI SIRKULER MAHASISWA KE KOTA MALANG.
Abstrak Penelitian ini berangkat dari permasalahan mengenai fenomena banyaknya mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke Universitas Swasta di Kota Malang yang sebagian besar berasal dari luar pulau Jawa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, tipe penelitian eksplanatif, sample system random sampling dengan responden sebanyak 300 mahasiswa.
Teori yang digunakan adalah Voluntaristic Action dari Tallcott Parsons dan Teori Pilihan Rasional dari James S. Coleman sebagai pelengkap analisis.
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendorong terjadinya migrasi karena tidak adanya Universitas yang bermutu di daerah asal responden. Faktor penarik terjadinya migrasi sirkuler karena tersedianya jurusan yang sedang populer saat ini. Proses Migrasi yang dilalui mahasiswa untuk melakukan migrasi dengan cara mendapat informasi dari kakak kelas atau teman yang sudah ada di Kota Malang lalu responden ikut ke Kota Malang untuk mencari informasi mengenai Universitas. Dampak Positif yang ditimbulkan bagi Kota Malang adalah meningkatnya lapangan pekerjaan dan sektor industri kecil. sedangkan dampak negatif bagi Kota Malang adalah semakin banyak masalah sosial seperti meningkatnya kriminalitas dan perilaku menyimpang.
 
Data Pekerjaan
Pekerjaan 0
Nama.Instansi 0
Bidang.Pekerjaan 0
Mulai.Bekerja
Jabatan 0
Alamat.Pekerjaan 0
Kota.Pekerjaan 0
Telpon.Kantor 0

Google Scholar