Seminar DPKKA Ungkap Pentingnya Soft dan Hard Skills bagi Gen Z Friday, 26 April 2024 12:39

UNAIR NEWS – Departemen Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) bekerja sama dengan Kinobi menggelar seminar Airlangga Career & Internship Club. Hadir sebagai pemateri pada seminar itu, Customer Success Associate Kinobi, Angela Alfada Christy. Seminar tersebut berlangsung di Ruang Parlinah, Perpustakaan Kampus Dharmawangsa-B UNAIR pada Senin (22/4/2024). 

Seminar tersebut mengusung tema “Kemampuan Resiliensi: Soft Skills & Hard Skills bagi Gen Z Siap Kerja”. Dalam paparannya, Angela menjelaskan pentingnya kemampuan resiliensi bagi Gen Z saat ini. 

Ia mengatakan, saat ini kemampuan resiliensi adalah kemampuan mahal dan harus dilatih sejak sekarang. “Kemampuan resiliensi menjadi salah satu kemampuan mahal saat ini. Resiliensi bisa kita latih dari masa kuliah dan langsung kita praktikkan,” jelasnya. 

 

Komunikasi dan Kepemimpinan
Dalam materinya, ia menerangkan bahwa kemampuan komunikasi sebagai bentuk soft skills itu harus dikuasai oleh semua orang. Menurutnya, semua orang bisa berbicara tapi tidak semua orang bisa menyampaikan pesannya. “Komunikasi ini harus kita kuasai, semua orang bisa bicara, tapi tidak semua orang bisa menyampaikan pesan yang ingin mereka sampaikan,” ujarnya. 

Angela menambahkan, bentuk soft skill lain yang perlu Gen Z kuasai adalah kepemimpinan. Ia menjelaskan kepemimpinan itu tidak hanya sekadar jabatan atau posisi, melainkan sebuah aksi. “Kepemimpinan itu penting, kuncinya kepemimpinan tidak hanya sebuah jabatan atau posisi, tapi sebuah aksi,” jelasnya. 

 

Kemampuan Berbahasa Asing
Selanjutnya, Angela menyoroti kemampuan berbahasa asing sebagai bentuk hard skills di era teknologi. Ia mengungkapkan belajar berbahasa asing terutama bahasa Inggris sangat penting. “Berbahasa asing itu harus, minimal belajar bahasa Inggris. Itu penting banget. Terutama bagi yang ingin belajar atau bekerja ke luar negeri,” ungkapnya. 

Ia menegaskan, tujuan memiliki kemampuan berbahasa asing ini harus segera dilatih. Menurutnya, hal ini karena seorang Gen Z, khususnya mahasiswa harus explore banyak hal dan berani punya pemikiran untuk mencari pengalaman di luar kampus. “Kalian harus punya mindset untuk belajar di luar kampus. Kalian harus berani explore, karena dunia sebenarnya tidak senyaman ruang kampus,” jelas Angela. 

 

Penulis: Mohammad Adif Albarado

Editor: Yulia Rohmawati

Sumber : https://unair.ac.id/seminar-dpkka-ungkap-pentingnya-soft-dan-hard-skills-bagi-gen-z/

Tags :