Gandeng Sinarmas, DPKKA Edukasi Kepemimpinan ke Mahasiswa Friday, 18 October 2024 09:49

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar pada Kamis (12/9/2024). Webinar ini mengangkat tema Benevolent Leadership in Digital Era. Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian program milik Airlangga Career and Internship Club (ACIC). Tujuan dari webinar ini adalah mengedukasi mahasiswa mengenai kepemimpinan di era digital, khususnya dalam dunia bisnis.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa mendapatkan pembelajaran langsung dari pakarnya. DPKKA menghadirkan Swasono Satyo Nugroho sebagai pemateri pada webinar ini. Swasono adalah Chief Human Resources Officer Tech Business di Sinar Mas Multiartha & Mining Group. Tema dan pemateri yang menarik membuat lebih dari 180 peserta hadir pada webinar tersebut.

 

Pentingnya Berorganisasi
Dalam sesi pembahasan materi, Swasono menjelaskan tentang berbagai karakter yang harus seorang pemimpin miliki. Karakter tersebut adalah grit, kolaborasi, dan semangat untuk menang. Swasono juga menghimbau mahasiswa untuk membangun karakter kepemimpinan sejak berada di bangku kuliah.

“Untuk menjadi seorang pemimpin, kalian harus bisa  problem solving. Untuk memiliki skill itu kalian harus memiliki pengalaman. Karenanya, ketika menjadi mahasiswa, mulailah berorganisasi. Itu juga akan menjadi nilai plus kalian ketika melamar di salah satu perusahaan,” pesan Swasono. 

Lebih lanjut, Swasono menjelaskan tentang cara mengatur diri sendiri, pekerjaan, dan tim. Menurutnya, seorang pemimpin harus mampu mengatur diri dalam menghadapi tantangan dan kegagalan. Pemimpin juga harus mampu mengatur pekerjaannya dan mengorganisir timnya. 

 

Komitmen untuk Keberlanjutan
Tak hanya membahas kepemimpinan, Swasono juga mengangkat isu keberlanjutan dalam dunia bisnis. Ia mengungkapkan bahwa perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap pemerintah, lingkungan, dan sosial. “Perusahaan harus patuh pada negara. Harus mematuhi aturan-aturan. Juga harus bertanggung jawab pada lingkungan, jadi ga merusak lingkungan. Kalau pada sosial itu seperti ketenagakerjaan atau sedekah fakir miskin,” ungkap Swasono. 

Menurutnya, suatu bisnis harus peduli terhadap keberlanjutan alam dan kebaikan sosial. Dalam berbisnis, seseorang harus memikirkan kehidupan generasi selanjutnya. Hal inilah yang akan membuat suatu perusahaan sukses dan berumur panjang. 

 

Penulis: Khumairok Nurisofwatin

Editor: Edwin Fatahuddin

Sumber : https://unair.ac.id/gandeng-sinarmas-dpkka-edukasi-kepemimpinan-ke-mahasiswa/

Tags :