Pengurus IKA-UA Jember Dilantik, UNAIR-Pemkab Jember Jalin MoU Tuesday, 01 November 2016 04:05

BUPATI Jember dr. Faida, MMR menunjukkan naskah MoU yang beru saja ditandatangani bersama Rektor UNAIR Prof. Moh Nasih (tengah) disaksikan Ketua Harian IKA-UA Haryanto Basoeni. (Foto: Trisna Rahardi)

UNAIR NEWS -  Dua acara penting Universitas Airlangga terlaksana di Jember, Senin (24/10) kemarin. Acara pertama pengukuhan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA-UA) Cabang Jember periode 2016-2021, serta dilaksanakan penandatangan kerjasama kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Jember yang dilakukan oleh Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh Nasih, SE., MT., Ak., MCA dengan Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. Kedua acara tersebut diselenggarakan di Pendapa Wahyawibawagraha Pemkab. Jember.

Karena itu, selain dihadiri Rektor dan Bupati, acara ini juga dihadiri unsur pimpinan kedua pihak. Antara lain Wakil Rektor IV (Bidang kerjasama) Junaidi Khotib, S.Si., Apt., M.Kes., Ph.D., M.Sc., Ketua Harian IKA-UA Drs. Ec. Haryanto Basyoeni bersama jajaran pengurus lain. Sedang IKA-UA Cabang Jember dipimpin Ketua Umum Drs. Sumpono, M.Si., dengan Sekretaris Umum Dr. Maulana, SK., MS.

Bagi kedua belah pihak, jalinan sinergi kerjasama di bidang kesehatan, pendidikan, dan pengembangan sumberdaya ini akan membawa kemanfaatan yang sama-sama diharapkan. Bagi Pemkab Jember, misalnya seperti disampaikan Bupati dr. Faida, MMR, pihaknya sedang membangun program-programnya baik tentang kesehatan, perekonomian, pendidikan dan pembangunan SDM, semua itu membutuhkan bantuan tenaga-tenaga ahli dari kalangan perguruan tinggi dan lulusan perguruan tinggi.

”Kami membuka pintu lebar-lebar untuk UNAIR dan alumninya, bahkan tidak hanya pintu, jendela-jendelanya pun kami buka lebar-lebar agar anginnya juga masuk semua ke Jember,” kata dr. Faida, yang alumni FK UNAIR tahun 1994 ini dalam sambutannya.

Bagi UNAIR, seperti disampaikan Rektor Prof. Moh Nasih, keberadaan peran serta alumni di dalam masyarakat juga sangat penting untuk menunjang target harapan yang dibebankan pemerintah kepada UNAIR untuk masuk ke dalam jajaran 500 perguruan tinggi terbaik dunia. Dengan dikukuhkannya IKA-UA Cabang Jember maka memperluas jaringan alumni Universitas Airlangga, selain bisa menyatukan alumni untuk bersinergi bersama Pemkab Jember.

“Saya berharap alumni-alumni UNAIR di Jember dapat bersinergi dengan Pemkab Jember untuk mengembangkan Jember menjadi lebih baik lagi, terutama dalam hal kesehatan dan pendidikan,” ujar Prof. Moh Nasih.

Pemkab Jember bahkan juga sangat berkeinginan agar KKN Tematik mahasiswa UNAIR kedepan bisa dilaksanakan di Kab. Jember. Pada pelaksanaan, jika KKN mahasiswa tersebut dilaksanakan bersama-sama para alumni (IKA-UA Cabang Jember), maka sinerginya akan lebih baik.

Ketua Harian IKA-UA Drs. Ec. Haryanto Basyoeni, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terbentuknya IKA-UA Cabang Jember. Keberadaannya akan sangat berarti, karena perguruan tinggi (almamater) akan mempunyai reputasi baik bila ada sinergi antar-sivitas akademika: para pengajar, karyawan, mahasiswa dan para alumni. Terutama kiprah alumni dalam pengabdian yang luhur terhadap nusa bangsa dan masyarakat di sekitarnya.

”Semoga langkah mulia ini mendapatkan ridho-Nya, dan saya berharap kepada pengurus IKA-UA Jember yang baru dilantik, segera dapat menghimpun alumni yang ada di Jember untuk dapat menunjukkan kontribusinya secara nyata untuk mendukung program-program Pemkab Jember yang sangat bagus,” kata Haryanto Basyoeni, alumnus FEB UNAIR ini. (*)

Sumber : http://news.unair.ac.id/2016/10/25/pengurus-ika-ua-jember-dilantik-unair-pemkab-jember-jalin-mou/