9 Alumnus UNAIR Duduki Posisi Strategis di Pemerintahan Monday, 21 November 2016 09:26

Foto : Istimewa

UNAIR NEWS – Lulusan Universitas Airlangga memang tak diragukan lagi kemampuannya. Buktinya, tak sedikit dari alumni UNAIR yang memegang posisi strategis di kursi pemerintahan. Ilmu pengetahuan yang mereka dapat saat masih di bangku kuliah, mereka terapkan dalam proses kebijakan publik.

Yuk simak selengkapnya siapa saja alumni UNAIR yang memegang posisi strategis di pemerintahan!

  1. Hatta Ali
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, S.H., M.H., atau yang biasa dikenal dengan Hatta Ali adalah alumnus Fakultas Hukum UNAIR tahun angkatan 1977. Hatta diangkat menjadi Ketua Mahkamah Agung RI periode 2012-2017. Pada tanggal 31 Januari 2015, Hatta yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKA) UNAIR ini meraih gelar guru besar bidang hukum dari UNAIR.

2. M. Saleh

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Prof. Dr. H. Mohammad Saleh, S.H., M.H., yang menjadi Wakil Ketua MA RI ini juga alumnus FH UNAIR tahun 1970. Pada akhir tahun lalu (12/12), Saleh diangkat menjadi Guru Besar FH UNAIRyang ke-14. Dalam pengukuhannya, pria kelahiran Pamekasan 23 April 1946 ini menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Problematika Titik Singgung Perkara Perdata di Peradilan Umum dengan Perkara di Lingkungan Peradilan Lainnya.”

3. Ignasius Jonan

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Sebelum menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan pernah menjadi Direktur PT. Kereta Api Indonesia tahun 25 Februari 2009-27 Oktober 2014. Mulai akhir tahun 2014, alumnus program studi S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR, tahun 1986 ini diangkat menjadi orang nomor satu di Kementerian Perhubungan.

4. Khofifah Indar Parawansa

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Kini, Khofifah Indar Parawansa dipercaya untuk mengawal kebijakan publik di bidang sosial oleh Presiden RI Joko Widodo. Perempuan kelahiran 19 Mei 1965 ini merupakan alumnus S-1 Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tahun lulus 1990.

5. Asman Abnur

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Siapa sangka, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) juga merupakan alumnus UNAIR. Asman Abnur lulus dari S-2 Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana (pada saat itu) tahun 2004. Saat ini, di tengah kesibukannya sebagai menteri, Asman tengah menjalani studi doktoral pada prodi Ilmu Ekonomi Islam, Sekolah Pascasarjana, UNAIR.

6. Muhadjir Effendy

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI saat ini, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, adalah alumnus UNAIR program studi S-3 Ilmu Sosial, Sekolah Pascasarjana (saat itu). Sejak 17 Juli 2016, Muhadjir didapuk menjadi Mendikbud oleh Presiden RI.

7. Soekarwo

Foto : Ilustrasi
Foto : Istimewa

Soekarwo atau yang akrab disapa Pakdhe Karwo adalah orang nomor satu di provinsi Jawa Timur. Pakdhe Karwo dipercaya oleh masyarakat Jatim untuk memimpin provinsi dengan luas wilayah 47.922 km2 ini. Soekarwo merupakan alumnus S-1 Ilmu Hukum, FH UNAIR pada tahun 1979, dan diberi gelar doktor kehormatan di bidang ekonomi oleh UNAIR berkat inovasi “Jatimnomics” miliknya.

8. Awang Faroek Ishak

Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

Awang Faroek Ishak saat ini menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Timur. Awang merupakan doktor lulusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Pascasarjana (pada saat itu) tahun angkatan 2009.

9. Irianto Lambrie

Foto : Ilustrasi
Foto : Istimewa

Irianto Lambrie saat ini menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Utara. Pria kelahiran 18 Desember 1958 ini merupakan lulusan doktor Pascasarjana dengan minat Ekonomi Pembangunan.

Sumber : http://news.unair.ac.id/2016/11/18/9-alumnus-unair-duduki-posisi-strategis-di-pemerintahan/