Bekerja Demi Perubahan Monday, 20 February 2017 04:49

Kepak sayap alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menyebar ke seantero nusantara. Bahkan, di rumah pemerintah Indonesia di Malaysia, banyak tenaga dokternya yang lulusan FK Unair. Dokter Abimanyu, Sp.D. adalah salah satunya. Pria kelahiran Malang ini lulusan FK Unair yang kini menjalankan profesi sebagai dokter ahli penyakit di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, Banjarmasin. Selain itu, Abimanyu menjadi tenaga pengajar (dosen) di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin. Awal mula Dr. Abimanyu menjalankan profesi sebagai dokter di tanah Banjarmasin tidaklah langsung. Abimanyu lulus FK Unair pada 1984. Tidak lama kemudian dia menjadi dokter di puskesmas. Dia ditempatkan di puskesmas Kauman, Tulungagung. Enam tahun (1984-1990) profesi dokter dijalani di kabupaten yang kaya batu marmer itu. Memasuki tahun 1990, Abimanyu menjadi dokter PPDSI penyakit Dalam RSUD Dr. Soetomo. Dia menjadi tenaga dokter spesialis di RS milik pemerintah provinsi Jatim pada rentang 1990-1994. Dari sinilah dia mulai menginjakkan kaki di tanah Banjarmasin. Dia pindah dari RSUD Dr. Soetomo untuk menjadi dokter spesialis penyakit dalam di RSUD Ulin, Banjarmasin (1995).

Karir abimanyu di Banjarmasin semakin mapan. pada 1997 dia menjadi kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran (FK) Unlam. Selanjutnya menjadi ketua Komite Medik RSUD Ulin (1999). Babak berikutnya, Abimanyu menjadi wakil direktur RS Islam Banjarmasin (1999-2001) dan pada (2002-2004) naik menjadi direktur. setelah itu naik ke posisi lebih prestisius. Dia diangkat menjadi direktur utama RSUD Ulin, RS Pendidikan Kelas A FK Unlam selama sembilan tahun (2004-2013). Jika dirunut, perjalanan pendidikan dokter abimanyu ialah lulusan pendidikan dokter umum FK unair, lulusan pendidikan spesialis penyakit dalam FK unair, dan pendidikan spesialis penyakit dalam konsultan Gastro Hepatologi FK unair.

Revolusi Mental untuk Kesejahteraan

Abimanyu saat ini menjabat ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) Wilayah Kalimantan. Jabatan itu dipegang sejak 2015. sebelum menjadi ketua IKA, dia sudah malang melintang di berbagai organisasi. pada umumnya di wilayah Kalsel. Misalnya, menjadi ketua PAPDI Kalsel (1998-2004). Wakil ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel (1998-2001), ketua PPHi/PGI/PEGI Kalsel 2004, ketua Arsada Kalsel 2008-sekarang. Lantas ketua PERSI Kalsel 2010-sekarang.

Abimanyu menjalani profesi dokter, pendidik, dan konsultan kesehatan dengan filosofi bekerja demi perubahan dan perbaikan bangsa. ”Jabatan adalah amanah yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan,” katanya. Dia berpendapat persoalan bangsa yang paling mendesak diperbaiki ialah reformasi mental untuk menyejahterakan masyarakat. sebagai alumni, Abimanyu mengaku bangga dengan unair. ”saya bangsa bias menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) terkenal dan salah satu PTN tertua di indonesia,” tandasnya. Karena itu, Abimanyu sangat mendukung renstra Unair yang ingin masuk 500 universitas kelas dunia. Tetapi, kata dia, keinginan itu bisa terwujud jika ada kerja sama yang baik antara almamater dengan alumni. Karena itu, dia menyarankan agar hubungan yang mesra antar alumni terus ditingkatkan.

Sumber : Buku Jejak Langkah Ksatria Airlangga