Satu-satunya Direktur PTPN Lulusan Biologi Friday, 21 April 2017 04:06

Ada kafe baru di Jalan Kertajaya Indah Surabaya yang dibuka sekitar Juli 2016. Namanya Rollaas Café. Salah satu menu andalannya adalah kopi luwak, jenis Arabika, Robusta, dan beberapa varian kopi lain.

Kopi luwak merupakan kopi termahal di dunia dengan harga Rp 1,5 juta–Rp 1,7 juta per kg. Di Rollaas Café, satu cangkir kopi luwak Arabica dibanderol Rp 110 ribu, sedangkan Robusta Rp 100 ribu.

Kopi luwak dan beberapa menu lain, semisal ice chocolate malt, varian teh, dan stroberi, merupakan produk Rollaas café sendiri. sekadar mengingatkan, Rollaas Café adalah anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Di Surabaya, Rollaas Café juga ada di Sutos dan Cito.

Selain kopi luwak, kakao edel (kakao mulia) produk PTPN XIIjuga merupakan barang mahal yang banyak diburu penggemar kakao dunia. Harganya berkisar USD 8/kg dalam bentuk biji.

Kakao edel produk PTPN XII merupakan satu-satunya di dunia. Ekspornya ke Belanda, Swiss, dan negara-negara eropa lainnya. selain kakao edel, ada kakao bulk yang diekspor ke Jepang dan China. PTPN XII juga mengekspor karet sekitar 13 ribu ton/tahun.

 

Tak Kalah Bersaing dengan Universitas Lain

Salah satu orang penting di perusahaan milik negara itu adalah Drs. Anis Febriantomo, alumnus FMIPA (kini Fakultas Sains dan Teknologi – FST), Unair. Dia menjabat sebagai direktur operasional. Jabatan itu seolah menjadi pernyataan bagi anis bahwa lulusan Biologi, FST, Unair, mampu bersaing dengan alumnus universitas lain di Indonesia. Mungkin, dialah satu-satunya direksi PTPN lulusan biologi.

PTPN XII bergerak di bidang tanaman perkebunan. Misalnya, kakao, karet, teh, kopi, kayu-kayuan, tebu, dan hortikultura. tanaman-tanaman tersebut tersebar di 34 perkebunan milik PTPN, di atas lahan sekitar 81 ribu ha. Membentang mulai ngawi sampai Banyuwangi. Kebun-kebun itu juga menjadi objek wisata turis domestik dan asing.

PTPN XII membawahkan lima anak perusahaan. Yaitu, Rolas Nusantara Mandiri yang mengurusi industri hilir semacam kopi, teh, kakao, dan sebagainya. Rolas Nusantara Medika menangani rumah sakit. ada dua rumah sakit, yakni di Jember dan Banyuwangi.

Anak perusahaan lainnya adalah industri Gula Glenmore (IGG), Banyuwangi. Inilah satu-satunya pabrik gula yang dibangun oleh putra-putra bangsa indonesia. IGG merupakan pabrik gula termodern di Asia Tenggara. Pabrik yang dibangun dengan biaya sekitar Rp 1,6 triliun ini pada akhir 2016 memasuki tahap percobaan operasi.

Untuk sementara, kapasitas produksi masih 6.000 ton cane per day (TCD). Kelak akan ditingkatkan menjadi 8.000 TCD, kemudian 10.000 TCD.

PTPN XII juga punya proyek kerja sama dengan PTPN VI di Lampung, yang diberi nama PT ALN (Alam Lestari Nusantara). perusahaan ini bergerak di bidang hutan tanaman industri (HTI) karet. Kemudian, Rolas Nusantara Tambang (RNT) bergerak di bidang eksplorasi batu di Randu Agung, Pasuruan.

Anis bisa disebut anak kebun yang kembali ke kebun. Orang tuanya bekerja di perkebunan itu sebagai administratur (manajer kebun). seorang manajer kebun mengelola 2.000 ha—3.000 ha. tentu saja, anis kecil sering diajak orang tuanya bermain ke kebun.

Karena itu, ketika lulus dari Unair dia langsung melamar ke PTPN XII. Pernah bekerja di swasta selama enam bulan. tapi, hanya untuk mengisi waktu luang sambil menunggu panggilan dari ptpn. Dia diterima perusahaan itu pada 1990.

Meski sedikit banyak tahu tentang perkebunan dari orang tuanya, anis tetap harus mengikuti pendidikan. Dia menjalani pendidikan sinder (asisten tanaman) selama sembilan bulan.

Kemudian, dia menjadi asisten tanaman di dua kebun, Lumajang dan Kediri. Karena karirnya bagus, dia dipromosikan menjadi wakil manajer kebun yang membawahkan dua kebun di Banyuwangi.

Pada 2004 dia ditarik ke kantor direksi sebagai asisten kepala bagian tanaman, dan pada 2006–2009 dia dipromosikan menjadi manajer kebun di Malang.

Lepas dari Malang dipindah ke Glenmore, Banyuwangi (2009–2013), pindah lagi ke kebun Gelantangan, Jember (2014–2016). Di perkebunan ini terdapat tanaman karet, tebu, kayu, dan hortikultra.

Anis yang hobi bermain golf bisa mengasah kemampuan di sini karena perkebunan ini dilengkapi lapangan golf. Sejak Juli 2016 dia diangkat menjadi direktur operasional.

Dia telah membuktikan bahwa alumni Unair bisa bersaing di level nasional. Karena itu, wajar jika Unair berambisi masuk 500 universitas top dunia. syaratnya, antara lain, kemampuan civitas akademik harus terus ditingkatkan.

Selain itu, lebih mengembangkan jaringan, terutama dengan alumni. sarana dan  prasarana harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Juga perlu sering melakukan aktivitas yang bersinggungan dengan dunia global.

Sumber : Buku Jejak Langkah Ksatria Airlangga