Manikya Pramudya, Lulus Terbaik S2 FST UNAIR, Ingin Menjadi Dosen Tuesday, 13 March 2018 03:19

REKTOR Universitas Airlangga Prof. Moh Nasih memberi ucapan selamat usai menyerahkan piagam penghargaan kepada Manikya, wisudawan terbaik dalam Wisuda Maret 2018. (Foto: Bambang ES)

 

UNAIR NEWS – Setelah lulus S1 bulan Maret 2016, Manikya Pramudya memutuskan ingin bekerja dulu agar bisa membiayai studi S2-nya (Program Master). Tetapi karena dukungan orang tuanya, dia akhirnya langsung melanjutkan kuliah S2.

”Dan, ketika dinyatakan diterima di UNAIR, saya mencoba apply beasiswa. Alhamdulillah, akhirnya lulus, dan bahkan menjadi yang terbaik S2 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga. Tentu saja, saya bangga,” ujar Menikya, peraih IPK 3,91 ini.

Memang, pada awal semester ia sempat sambil bekerja. Namun karena jadwal perkuliahan dan tugas-tugas yang padat, belum lagi penelitiannya, ia akhirnya berhenti bekerja. Fokus pada kuliah. Kalau toh bekerja tapi pekerjaannya itu tidak untuk mencari uang.

Kan saya suka mengajar dan menyukai anak-anak, membuat saya tidak ingin meninggalkan pekerjaan itu. Bisa sebagai hiburan, misalnya ketika stres menghadapi tugas atau project kuliah, maka mengajar adalah obat ampuh untuk meningkatkan semangat,” katanya.

Namun hal itu bisa teratasi dengan ikut penelitian dosen yang topiknya sesuai minatnya. Karena itu tesisnya mengeksplorasi potensi buah Okra sebagai imunomodulator ditinjau dari indikator aktivitas fagositosis, kadar TNF-α, proliferasi splenosit, dan indeks limpa.

Ia berharap penelitiannya dapat dipakai dasar research selanjutnya. Terutama dalam mencari alternatif penanggulangan penyakit menular dan tropis dengan penemuan bahan aktif dari bahan-bahan herbal.

”Saat ini menunggu review dua paper yang di-publish di jurnal internasional,” ucapnya soal aktivitasnya. ”Kemudian saya ikut membantu Departemen Biologi menyiapkan dokumen akreditasi. Pembuatan SOP alat Lab bilingual, MSDS bahan-bahan kimia lab, dan HIRADC untuk setiap lab,” imbuhnya.

Nanti, ia ingin menjadi dosen. Selain itu ingin apply internship ke luar negeri dan melanjutkan pendidikan Doktoral (S3). Untuk itu memang banyak yang mesti dipersiapkan, misalnya beasiswa dan kemampuan bahasa Inggris.

 

Sumber: http://news.unair.ac.id/2018/03/12/manikya-pramudya-lulus-terbaik-s2-fst-unair-ingin-menjadi-dosen/ 

Tags :