Kontribusi Alumni Wednesday, 17 August 2016 10:06

 

SEKILAS TENTANG LEMBAGA MANAJEMEN DANA SOSIAL

Melalui Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2014, Universitas Airlangga ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012, dalam penyelenggaraan pendidikan Universitas Airlangga sebagai PTN-BH dituntut lebih kuat dan berkualitas dalam menjalankan otonominya sebagai perguruan tinggi negeri. Oleh karena itu, Universitas Airlangga (UNAIR) mempunyai visi menjadi universitas yang mandiri terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, pelopor dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora berdasarkan moral agama. Untuk mencapai visi tersebut, salah satu misi UNAIR yang dilakukan adalah dengan mengelola universitas secara mandiri dengan tata kelola yang baik melalui pengembangan kelembagaan yang berorientasi pada mutu dan mampu bersaing di tingkat internasional. Kemandirian tersebut dapat berarti leluasa dalam mengembangkan bidang akademik dan non-akademik, termasuk dalam pengelolaan keuangan dan aset baik dalam hal menggali serta mengelola dana secara mandiri yang transparan dan akuntable.

Dalam melaksanakan misi tersebut, UNAIR menyusun rencana strategi selama lima tahun ke depan melalui 4 strategi pendekatan, yaitu 1) Academic Excellence, 2) Research Excellence, 3) Community Service Excellence dan 4) University Holding Excellence. Sebagai implementasi dari strategi pendekatan ke-4, UNAIR berupaya untuk mengembangkan beberapa unit usaha baru (profit dan non-profit) pada tahun ini untuk meningkatkan pendapatan di luar sumbangan pendidikan dari mahasiswa. Selain itu, unit usaha yang sudah ada perlu dikelola lebih baik secara profesional, sehingga dapat menjadi unit penunjang yang mandiri dan mampu bersaing di tingkat nasional.

UNAIR dalam menggali dana secara mandiri dapat mencari sendiri sumber-sumber keuangan yang dapat berasal pihak-pihak lain yang menjadi mitra perguruan tinggi maupun dari masyarakat. Oleh karena itu diperlukan strategi pengumpulan dana (fund-rising) dari mitra-mitra UNAIR dan masyarakat luas dalam rangka menjalankan program-program UNAIR untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan meng-internasionalisasi-kan UNAIR.Salah satu upaya yang dilakukan oleh UNAIR adalah dengan cara membuat dan mengembangkan unit bisnis baru yang bersifat non-profit. Untuk mencapai tujuan tersebut, UNAIR membentuk Puat Pengelolaan Dana Sosial Airlangga (Airlangga Foundation), sebagai salah satu bentuk unit bisnis baru di bawah Airlangga University Holding.

Suksesnya program penggalangan dana yang dilakukan oleh Airlangga Foundation tak terlepas dari kerjasama dengan alumni. UNAIR yang telah mampu cukup banyak untuk mencetak alumni terbaik dan sukses, sehingga perlu untuk tetap kita gandeng agar dapat menjadi panutan yang baik untuk generasi penerus. Airlangga Foundation juga turut serta menginisiasi adanya kegiatan yang melibatkan para alumnisehingga dapat memudahkan penggalangan dana secara aktif dan optimal.

 

Surabaya, 15 Agustus 2016

Wakil Rektor IV,

 

 

Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., Apt.

NIP. 19701022 199512 1 001