Jangan Pernah Lelah Berbuat Baik Thursday, 23 September 2021 07:56

Drg. Wilujeng Harimulyati Agustini, M.Kes., lahir di Tulungagung pada tanggal 17 Agustus 1964. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Bidang Direktorat Pengembangan Institusi Pemerintah dan Masyarakat di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Agustin, sapaan akrabnya, merupakan salah satu alumni S1 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UNAIR angkatan 1984. Agustin kemudian kembali melanjutkan studi S2-nya di UNAIR, tepatnya di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Diwawancarai UNAIR NEWS pada Senin (28/10/2019), Agustin menuturkan bahwa saat ini kesibukan yang dijalaninya luar biasa menyenangkan. Agustin sangat senang bisa memberikan bantuan kepada masyarakat. Dia bahkan pernah terjun langsung ke daerahdaerah terpencil yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah di Aceh, Bengkulu, Maluku, Papua, Sumbawa, NTB, dan lain-lain. “Saat ini sungguh bersyukur bisa memdampingi masyarakat di daerah terpencil untuk mendorong maju dan punya semangat dan berkarya,” imbuhnya.

Kisah Agustin di Bangku Kuliah Hingga Obsesi Keliling Dunia

Lebih lanjut, Agustin bercerita bahwa semasa kuliah S1 dan S2 di UNAIR, dia aktif mengikuti organisasi dan beberapa kegiatan olahraga di luar kampus. Di antaranya adalah panjat tebing di Surabaya, hoki di Dharmawangsa, dan juga turut berpartisipasi aktif di paduan suara. “Kepada mahasiswa UNAIR, tetaplah semangat serta fokuslah pada kuliah yang ditekuni,” imbuhnya. Agustin juga tergabung menjadi anggota aktif International AIDS Society (IAS). Sebagai anggota, Agustin masih menjalin koordinasi dengan teman-teman pemerhati HIV AIDS. “Saya pernah membuat perkumpulan anak-anak SMP dan SMA sederajat serta membuat ajang pemilihan duta HIV,” imbuhnya.

sederajat serta membuat ajang pemilihan duta HIV,” imbuhnya. Sepuluh tahun lalu, Agustin bahkan pernah membuat klinik Voluntary Counseling and Testing (VCT) khusus untuk para ODHA (Orang dengan HIV AIDS) di RSUD Bontang. Klinik VCT tersebut tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat ODHA di kota Bontang. Agustin bercerita bahwa saat menginjak usia 34 tahun, Agustin memiliki obsesi untuk pergi keliling dunia. Agustin pernah berharap di usia 60 tahun nanti, dia dapat singgah di 60 destinasi yang ada di luar Indonesia. “Dan alhamdulillah di usia 55 tahun, 83 tempat sudah pernah saya datangi. Bahkan ada yang 3 kali sampai 4 kali,” tambahnya.

Sukses Versi Agustin dan Motivasi Hidup

Agustin menegaskan bahwa orang sukses tidak dilihat dari sebuah jabatan yang diempunya saja. Akan tetapi, orang sukses dilihat dari keberhasilan kehidupannya dalam membina keluarga. Indikatornya antara lain keluarga yang rukun, anak-anak yang sukses, serta mampu memberikan kebermanfaatan untuk orang lain. “Orang sukses bukanlah orang yang punya jabatan tinggi, akan tetapi orang yang bisa membuat anak-anaknya sukses,” tegasnya. Motivasi hidup saya, lanjutnya, ialah jangan pernah lelah untuk berbuat baik. Tak perlu mencari perhatian orang lain tetapi perhatikan orang orang yang ada di sekitar kita. Jangan pernah bosan untuk menyampaikan hal-hal baik sekecil apapun.

“Setiap manusia diciptakan untuk berbuat baik,” imbuhnya. Agustin mengaku bahwa rasa untuk berbuat baik tidak muncul tiba-tiba. Kebaikan-kebaikan itu dia dapatkan dari orang tua yang telah memberikan pelajaran agama dan pelajaran tentang kehidupan. Agustin semenjak kecil, senantiasa diajarkan untuk berbakti kepada kedua orang tua, eyang, dan sanak saudara. “Semenjak kecil saya senantiasa belajar untuk menghargai orang lain. Bahkan kepada pembantu pun, harus kita hormati,” tuturnya.

Profil Singkat

Nama Depan : Wilujeng Harimulyati Agustini

Tahun Lahir: 1964

Jenis Kelamin: Perempuan

Kota: Jakarta Pusat

Provinsi: DKI Jakarta Kode

Pos: 10570

Riwayat Pekerjaan

  1. Primary Health Care Lok Tuan of Bontang / Perawatan Kesehatan Dasar Lok Tuan Bontang (1990- 2003)
  2. Primary Health Care Tanjung Laut of Bontang / Perawatan Kesehatan Utama Lok Tuan Bontang (2003- 1007)
  3. Health District of Bontang / Kesehatan Kabupaten Bontang (2007-2010)
  4. Entity Empowerment of women and Family Planning / Pemberdayaan Badan Perempuan dan Keluarga Berencana (2010-2011)
  5. Deputy Director Taman Husada General Hospital of Bontang / Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Bontang (2011-2014)
  6. Director General Hospital of Bontang / Direktur Rumah Sakit Bontan (2014-2018)
  7. Health Analisis / Analisis Kesehatan (2018 -2019)
  8. Head of Government and Community Fustitutional Development / Kepala Pengembangan Fustisional Pemerintah dan Masyarakat (2019 – Sekarang)
Tags :