Bekerja untuk Mengabdi dan Berbagi Kebahagiaan pada Orang Lain Friday, 01 October 2021 04:05

Muhammad Hasinuddin merupakan pria kelahiran Sampang, 23 Mei 1980 dan menempuh pendidikan Master dan Doktoral di Universitas Airlangga (UNAIR). Selama menempuh pendidikan di UNAIR ia mengambil Magister Keperawatan dan program Doktoral ilmu kedokteran pada tahun 2008 dan 2012. Hasin saat ini menjabat sebagai dosen sekaligus ketua dari STIKES Ngudia Husada Madura. Cita-citanya sejak kecil memang menjadi seorang guru atau dosen dan perawat, karena menurutnya kedua profesi tersebut merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Selama menempuh pendidikan sejak SD hingga Doktoral Hasin memiliki kepekaan terhadap keadaan sekitar. Hal tersebut berbuah manis dengan hasil pencapaiannya saat ini sebagai seorang Dosen yang telah berhasil membimbing banyak mahasiswanya. Tidak hanya itu, Hasin mengakui bahwa karirnya saat ini adalah berkat pendidikan mandiri yang diberikan oleh orangtuanya sejak kecil. Ia juga di didik supaya menjadi orang yang senantiasa membantu dan berbagi kebaikan untuk orang lain, karena pada dasarnya manusia adalah untuk saling tolong menolong.

Terlahir dari Keluarga Pesisir

Hasin lahir dari keluarga yang sederhana di sebuah pesisir di Kabupaten Sampang. Ayahnya bekerja sebagai penjaga SD dan ibunya sebagai pedagang sembako. Sejak kecil Hasin di didik untuk mandiri oleh orangtuanya. Ia setiap hari menemani ibunya mengantar bahan dagangannya ke pasar menggunakan gerobak. Dari hal tersebut ia mulai belajar arti sebuah perusahaan dan wirausaha. “Sejak kecil saya berjualan air keliling ke tetangga sekitar untuk menambah uang saku. Kebetulan saya tinggal di daerah yang kesulitan air bersih, sehingga saya mengambil peluang itu untuk berwirausaha sejak kecil,” jelas Hasin.

Ketika SMA Hasin tinggal di asrama dan berjualan makanan di asrama untuk menambah uang saku sekaligus menyalurkan bakat wirausahanya. Kebiasaan berdagang tetap dibawa Hasin hingga kuliah Sarjana sampai Doktor dengan berbisnis usaha pengolahan data. Apa yang Hasin lakukan sejak kecil ternyata membawa manfaat baginya hingga kini. Selain berprofesi sebagai dosen, diketahui Ia saat ini memiliki unit usaha Tour & Travel serta percetakan. Kesuksesan yang diraihnya tidak terlepas dari jiwa enterprenuer yang telah dilatih orangtuanya sejak kecil.

Hasin mengaku tidak pernah menyesal lahir dari keluarga sederhana dan ternyata memberi banyak makna yang berharga dalam kehidupan. Ia sangat berterima kasih kepada orangtua dan keluarga serta para guru dan dosen yang telah banyak membimbingnnya hingga seperti saat ini.

Menjadi Lulusan UNAIR yang Excellence with Morality

Motivasi yang menguatkan Hasin adalah Ia ingin selalu memberi manfaat untuk orang lain, sehingga setiap hal yang ia lakukan selalu dinikmati dan syukuri. Ia mengaku bahagia ketika melihat orang lain bahagia, terutama orang yang telah ia bantu. “Alhamdulillah saat ini saya berhasil menjadi seorang dosen di Stikes Ngudia Husada di Bangkalan Madura, dan Alhamdulillah saya di beri amanah sebagai Pimpinan di instansi tersebut,” ujarnya.

Hasin mengaku bahwa UNAIR membentuknya untuk selalu menerapkan ilmu kepemimpinan, bertanggungjawab, kepedulian, integritas, dan bekerja keras. Selain itu UNAIR mampu menghasilkan lulusan yang Excellent With Morality. Hal ini dapat diaplikasikan ketika lulusan UNAIR sudah bekerja, semangat tersebut senantiasa tertanam dalam setiap tindakan dalam melaksakan pekerjaan. Staf pengajar UNAIR yang bijaksana selalu menjadi inspirasi dalam setiap pekerjaan. Hasin berpesan untuk mahasiswa UNAIR supaya menjadi mahasiswa yang Excellent dengan mengedepankan nilai-nilai moralitas, sehingga ketika lulus kelak akan menjadi lulusan terbaik dan menjadi pemimpin yang membawa kemajuan bangsa.

Profil Singkat

Nama : Dr. M. Hasinuddin, S.Kep., Ners., M.Kep.⁣
Agama : Islam.⁣
Tempat dan Tanggal Lahir : Sampang, 23 Mei 1980.⁣
Profesi : Dosen, Ketua Stikes Ngudia Husada Madura,⁣
Wirausahawan⁣
Riwayat Pendidikan⁣

2000 - 2003 D3 Keperawatan Poltekkes Surabaya⁣
2003 - 2006 S1 Keperawatan + Ners STIKES NWU⁣
Semarang⁣
2008 -2010 S2 Keperawatan Universitas Airlangga⁣
2012 - 2015 S3 Ilmu Kedokteran Unversitas Airlangga⁣
Riwayat Jabatan Perguruan Tinggi⁣

2005 - 2008 PUDIR II Akbid Ngudia Husada Madura⁣
2009 - 2012 Ketua Stikes Ngudia Husada Madura⁣
2012 - 2015 Ketua LPM Stikes Ngudia Husada Madura⁣
2015 - 2020 Ketua Stikes Ngudia Husada Madura⁣

Tags :