Kemayu, Academy, Terus Belajar Dan Bersabar Dalam Menjalankan Bisnis Friday, 01 October 2021 05:58

Bisnis yang dijalani Icha dimulai tahun 2013, yaitu semasa Icha masih menduduki bangku kuliah. Pada mulanya ia memulai usaha bersama dengan teman-temannya. Ia terinspirasi dari suatu acara semacam fashion showyang ada di Grand City Surabaya. Inspirasi tersebut kemudian membuat Icha serius untuk mendirikan bisnis yang diberi nama Kemayu Academy. Kemayu Academy merupakan bisnis yang bergerak di bidang make up, hijab, modelling. Saat ini sedang dikembangkan lagi, ke ranah professional make up. Untuk rencana ke depannya akan ada kemayu kit, yang meliputi presenting, acting, dan Icha menyampaikan bahwa bisnis yang dimiliki ini juga menyediakan model, mc, juga presenter. Icha sudah membentuk manajemen yang jelas terkait dengan pembagian tiap bidangnya. Sehingga jika ada yang membutuhkan, Kemayu Academy siap untuk menyediakan.

Pada mulanya bisnis ini Icha jalankan bersama temantemannya, akan tetapi pada tahun 2015 berdasarkan kesepakatan bersama kemudian Icha menangani bisnis ini sendiri. Jadi, founder dari Kemayu Academy banyak akan tetapi saat ini ownernya hanya satu, yaitu Icha. Motivasi terbesar Icha mendirikan bisnis ini adalah keinginannya untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa hijaber atau pengguna hijab juga bisa mengikuti dan dan tampil dalam acara fashion show. Icha mengamati bahwa dulu kebanyakan para model adalah mereka-mereka yang tidak berhijab. Selain itu, Icha ingin perempuan-perempuan terus bisa berkembang, meskipun menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak memiliki penghasilan. Kemayu Academy didirikan juga dengan niat ingin membantu mereka yang berminat dalam make up tapi memiliki budget pas-pasan.

Kemayu Academy sempat vakum pada pertengahan tahun 2018 karena terdapat masalah. Saat ini Icha mencoba untuk terus membangun kembali bisnis make up ini. “Support system saya adalah anak dan keluarga”, begitu ungkap Icha. Icha bercerita bahwa awal mula Kemayu Academy berdiri yaitu menggunakan hasil modal iuran dengan temantemannya. Awalnya digunakan untuk membeli kaca kecilkecil, kemudian barang-barang lain secara berangsurangsur hingga seperti sekarang ini. Menekuni bisnis di bidang make up yang diperlukan adalah kesabaran menghadapi pelanggan dan kesiapan menjemput bola. Bisnis semacam ini harus pintar-pintar mengatur waktu dan uang. Karena make up artis uang didapatkan secara langsung sehingga ketika dapat harus diatur dengan cara yang tepat. Untuk ke depannya Icha ingin Kemayu Academy menjadi seperti Arman Armano, make up artis Jakarta yang sudah banyak dikenal akan kualitasnya. Yang banyak dilakukan Kemayu Academy saat ini adalah mengupdate portofolio sehingga menarik banyak konsumen.

“Tetap semangat, jangan putus asa dalam membuat inovasi yang menarik. Memanfaatkan sosial media, dan intens atau konsisten juga perlu” - Icha

Menggunakan endorse juga sangat penting bagi Icha karena sangat berpengaruh pada peningkatan jumlah pelanggan. Untuk harga sendiri Kemayu Academy tidak mematok harga yang mahal. Untuk make up yang berasal dari produk lokal harga yang dipasang berbeda dengan yang produk high end. Semua tergantung pilihan pelanggan. “Yang terpenting untuk wirausahawan lain adalah percaya diri dan menggali banyak ilmu. Mengikuti seminar, mengikuti sharing session bersama wirausahawan lain juga sangat penting. Tetap semangat, jangan putus asa dalam membuat inovasi yang menarik. Memanfaatkan sosial media, dan intens atau konsisten juga perlu”, pesan Icha kepada wirausahawan lain. 

Tags :