Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah, Gubernur Khofifah Luncurkan Samsat Kampus Wednesday, 06 April 2022 09:19

UNAIR NEWS – Sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat, terutama warga kampus dalam membayar pajak kendaraan bermotor, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa resmi meluncurkan Layanan Samsat Kampus. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hall Rektorat Kampus MERR (C) Universitas Airlangga (UNAIR) pada Senin (4/4/2022).

Peluncuran inovasi tersebut ditandai dengan penekanan layar virtual oleh Gubernur Khofifah didampingi Rektor UNAIR, Rektor UNESA, PJ Sekda Prov Jawa Timur, Kepala Bapenda, perwakilan Jasa Raharja, serta Dirlantas Polda Jatim. Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh berbagai lini demi mewujudkan program tersebut. Ia pun berharap, peluncuran Samsat Kampus tersebut mampu memberikan dukungan pelayanan publik bagi masyarakat Jawa Timur.

“Pembukaan Samsat Kampus ini pada dasarnya adalah perluasan dari PPOB (Payment Point Online Banking). PPOB lebih banyak di support oleh Bank Jatim. Apapun yang kami lakukan, harapan kami adalah memudahkan dan mendekatkan layanan, memurahkan layanan kepada seluruh stakeholder,” ujar Khofifah.

Selain Samsat Kampus, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jatim telah meluncurkan beberapa program serupa seperti Samsat Bunda (Bumdes) yang berbasis pelayanan masyarakat desa serta Samsat OPOP yang berbasis pemberdayaan koperasi pondok pesantren.

Pada laporannya, Kepala Bapenda Jatim, Abimanyu Poncoatmojo, menurutkan bahwa hingga tanggal 3 April 2022, layanan Samsat Bunda telah dimanfaatkan oleh sebanyak 16.982 wajib pajak dengan penerimaan Rp 4,9 Milyar. Selain itu, layanan Samsat OPOP juga telah  dimanfaatkan sebanyak 1.887 wajib pajak dengan penerimaan sebanyak Rp 657 juta.

Menurutnya, layanan Samsat Kampus merupakan terobosan terbaru yang dilakukan oleh Bapenda Jatim demi memudahkan pembayaran Pajak. Ia mengklaim, bahwa layanan inovasi tersebut merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Inovasi ini merupakan bentuk perhatian ibu Gubernur Jawa Timur dalam mengembangkan usaha-usaha koperasi perguruan tinggi dan sekaligus memberikan kemudahan dengan menyediakan tempat layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang cepat, mudah, dan dekat,” tutur Abimanyu.

Abimanyu pun menambahkan, bahwa dalam rangka memudahkan masyarakat Jawa Timur serta menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam hal ini Gubernur Jatim memberikan pembebasan pajak daerah selama tiga bulan yang dimulai sejak 1 April hingga 30 Juni 2022.

Pembebasan pajak tersebut meliputi Pajak administrasi Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), serta pembebasan pokok BBNKB dua dan seterusnya.

Selain peluncuran layanan Samsat Kampus, dalam kegiatan tersebut, juga dilaksanakan pengundian hadiah tabungan umroh kepada 15 wajib pajak patuh serta santunan kepada anak yatim. Pada tahun 2022, Bapenda Jatim yang bekerja sama dengan Bank Jatim telah menyediakan 46 hadiah tabungan umroh bagi wajib pajak patuh dengan nilai masing-masing Rp 30 Juta Rupiah. (*)

Penulis : Afrizal Naufal Ghani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/04/05/bayar-pajak-kendaraan-lebih-mudah-gubernur-khofifah-luncurkan-samsat-kampus/

Tags :