Tim UNAIR Sabet Juara 2 Olimpiade Akuntansi Friday, 08 April 2022 04:26

UNAIR NEWS – Capaian membanggakan kembali ditorehkan oleh Ksatria Airlangga dalam olimpiade akuntansi tingkat nasional. Mereka adalah Kenn Keitaro, Fathma Azzahro, dan Aldike Eka Mahendra. Tiga mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu dengan gemilang berhasil menyabet juara 2 Atma Jaya Yogyakarta Supreme Accounting Competition (ASAC) 2022 pada Sabtu (26/3/2022).

Olimpiade akuntansi tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi (HMPSA) Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kompetisi yang digelar secara daring itu mengangkat tema Tanggap Ing Sasmita Mujudaken Cipta, Rasa, Karsa, lan Karya.

Kenn selaku ketua tim menjelaskan bahwa perlombaan terdiri dari beberapa babak. Meliputi babak penyisihan 1, penyisihan 2, semifinal, dan final.

“Pada penyisihan 1, kita harus mengerjakan 70 soal pilihan ganda dan 10 soal esai dalam 120 menit. Pada babak penyisihan kedua, setiap tim mendapatkan kesempatan menjawab soal isian singkat berupa teori dan hitungan dengan waktu 40 detik untuk tiap soal hitungan dan 20 detik untuk tiap soal teori,” ucap Kenn.

Pada hasil akhir babak penyisihan, lanjut Kenn, dilakukan akumulasi nilai dari babak penyisihan 1 dan penyisihan 2. Sepuluh tim dengan nilai tertinggi berhak lanjut ke babak semifinal.

Kemudian, Aldike menuturkan bahwa tim UNAIR masuk dalam sepuluh tim dengan nilai tertinggi sehingga berhak mengikuti babak semifinal dan final.

“Di semifinal, ada dua tahap yaitu semifinal 1 dan semifinal 2. Di semifinal 1, seluruh tim harus berebut menjawab 20 soal dalam waktu 60 menit. Nah, selanjutnya di semifinal 2, seluruh tim harus mengerjakan siklus akuntansi dagang dalam waktu 75 menit. Lima tim terbaik dari akumulasi dua babak tadi berhak mengikuti final,” tuturnya.

Lebih lanjut, Aldike mengatakan bahwa final adalah babak yang paling menegangkan karena setiap tim harus berdiskusi terkait isu akuntansi dan mempresentasikannya dalam waktu 10 menit. Setelahnya, setiap tim diberi pertanyaan oleh dewan juri dalam waktu 10 menit. 

Di akhir, Fathma memberikan tips dan trik penting dalam mengikuti lomba olimpiade akuntansi.

“Pokoknya, kita harus paham dengan cermat aturan dan penilaian perlombaan agar bisa menyusun strategi. Dan yang paling penting, kita harus rajin ikut kelas karena soal-soalnya tidak jauh dari materi perkuliahan dan baca-baca jurnal serta berita baru terkait teknologi untuk menyusun inovasi menarik di babak final,” tungkas Fathma. (*)

Penulis: Rafli Noer Khairam

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/04/07/tim-unair-sabet-juara-2-olimpiade-akuntansi/

Tags :