Kunjungi Negara Skandinavia, UNAIR Perkuat Kolaborasi dengan Mitra Level Dunia Tuesday, 17 May 2022 04:14

UNAIR NEWS – Langkah Universitas Airlangga menjadi bagian penting dari kampus kelas dunia terus dilakukan. Selain meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, UNAIR secara konsisten juga terus melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai mitra dari level nasional atau bahkan dunia.

Mengenai hal itu, Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Informasi dr Muhammad Miftahussurur MKes SpPD KGEH PhD dan Ketua SGDs Center UNAIR Bayu Arie Fianto SE MBA PhD, pada akhir bulan lalu bertandang ke berbagai negara skandinavia. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan internasionalisasi UNAIR.

Kepada UNAIR NEWS (13/5), dr Miftah sapaan akrab Warek IDI UNAIR mengatakan bahwa kunjungan yang ia lakukan dan tim ke beberapa negara skandinavia tidak lain untuk semakin menguatkan peran SGDs yang sedang menjadi fokus dari UNAIR dan berbagai kampus di dunia. Ia juga bertutur, banyak pelajaran penting dari kunjungan yang dilakukan selama kurang lebih sepuluh hari tersebut.

“Salah satunya saat kunjungan ke KTH Royal Institute of Technology di Stockholm, Swedia. Penerapan SDGs di sana sudah sangat optimal, salah satunya dengan optimalisasi program kerja sama dengan industri,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dr Miftah juga mengatakan bahwa program SDGs di kampus tersebut juga masuk pada kurikulum pendidikan. Hal itu, sambungnya, tentu akan semakin mengoptimalkan peranan kampus untuk semakin menerapkan poin-poin SDGs dengan maksimal.

“Bahkan, di KTH sudah ada lembaga khusus yang konsen menangani program-program SDGs,” tuturnya.

Ditanya perihal kerja sama yang akan dilakukan dengan UNAIR, dr Miftah mengatakan bahwa ke depan UNAIR akan meminta pihak KTH Royal Institute of Technology untuk memberikan workshop ke UNAIR. Utamanya, dalam hal penerapan SDGs dalam kurikulum pendidikan dan implementasi pada masyarakat.

“Yang juga tidak kalah penting adalah ajunct profesor terkait energi terbarukan dan krisis iklim yang sedang melanda dunia,” paparnya.

Pada akhir, dr Miftah juga menjelaskan bahwa ia dan tim juga berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Denmark dan Norwegia. Kunjungan tersebut, juga menjadi salah satu agenda utama untuk semakin menguatkan peran dan kiprah UNAIR untuk semakin mendunia.

Penulis: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/05/13/kunjungi-negara-skandinavia-unair-perkuat-kolaborasi-dengan-mitra-level-dunia/

Tags :