Sasar Sepuluh Pulau, RSTKA Kembali Berlayar Berikan Layanan Kesehatan Wednesday, 18 May 2022 02:41

UNAIR NEWS – Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) kembali berlayar untuk memberikan layanan kesehatan. Kali ini sasaran dari RSTKA berada pada pulau-pulau kecil di wilayah Kabupaten Sumenep. Tercatat, ada sepuluh pulau yang menjadi sasaran kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 14 Mei hingga 10 Juli 2022 tersebut.

Sebelum berlayar, pelayaran yang berkonsep Community Development Pelayanan Kesehatan itu dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Timur dan beserta jajaran pimpinan dari UNAIR. Hadir mewakili rektor pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) UNAIR Prof Amin Alamsjah PhD.

Bertempat di halaman Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak (14/5), pada sambutannya, Prof Amin mengatakan bahwa UNAIR melalui RSTKA semoga bisa menjadi contoh dari upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Terlebih di pulau-pulau terpencil.  Tidak hanya itu, sambungnya, pelayanan tersebut juga bentuk bagian dari pengamalan tri dharma perguruan tinggi.

“Untuk itu, kami selalu sampaikan terima kasih semua pihak yang mendukung program ini. Khususnya, kepada Ibu Gubernur yang terus dan turut serta memberikan dukungan dan hal hal positif kepada RSTKA,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof Amin juga berharap bahwa ke depan layanan yang diberikan oleh RSTKA bisa lebih baik. Bahkan, pihaknya juga menegaskan agar pada pelayaran selanjutnya frekuensi layanan bisa terus dilakukan dan ditingkatkan.

“Kita semua tentu ingin program pelayaran dengan konsep pelayanan kesehatan seperti ini frekuensinya bisa semakin tinggi,” tuturnya.

Sebagai informasi tambahan, pada pelayaran kali ini ada banyak fakultas di lingkungan UNAIR yang terlibat. Selain tenaga dokter dari Fakultas Kedokteran, ada juga tim dari Fakultas Farmasi untuk memberikan edukasi dan penanaman tanaman obat. Ada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin yang memberikan edukasi dan melakukan transformasi kendaraan motor menjadi kendaraan listrik dan memberikan alat untuk mengukur kadar oksigen.

Tidak hanya itu, ada pula dari Fakultas Kedokteran Hewan yang memberikan pelatihan memproduksi pakan ternak sapi, kambing, dan ayam. Dari sekian banyak fakultas yang terlibat tentu pelayaran kali ini diharapkan bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat.

Penulis: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/05/14/sasar-sepuluh-pulau-rstka-kembali-berlayar-berikan-layanan-kesehatan/

Tags :