RSTKA Ulurkan Program Pengembangan Masyarakat di Pulau Oksigen Wednesday, 18 May 2022 02:45

UNAIR NEWS – Sejak 2017 Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga (RSTKA) telah berlayar memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat pulau-pulau terpencil di Indonesia. Tahun ini RSTKA kembali memulai program community development-nya di beberapa pulau di Madura. “Lirik hymne airlangga yang berbunyi bagi mu almamater ku berjanji setia, berdharma bakti suci, berjasa mulia, memberikan kekuatan bagi RSTKA hingga sekarang untuk terus berlayar dengan segala keadaan yang tidak memungkinkan,” ungkap direktur RSTKA, dr Agus Hariyanto SpB.

Logo Universitas Airlangga (UNAIR) pada sisi pojok kanan atas kapal memiliki filosofi tersendiri bagi perjalanan RSTKA yang kali ini akan ditempuh selama 18 jam perjalanan ke Pulau Oksigen. “Logo UNAIR melambangkan air kehidupan dan tugas kita membawa air kehidupan itu agar sampai ke sudut-sudut terkecil di Indonesia, maka kami bersyukur punya komitmen membawa air kehidupan ini ke masyarakat,” tutur dr Agus saat memberikan sambutan dalam pelepasan kapal RSTKA Sabtu, (14/05/2022) di Kantor Kesyahbandar Utama Tanjung Perak Surabaya.

“Saya bersyukur karena rektor UNAIR telah mempercayakan program community development ini pada RSTKA,” ungkap dr Agus. Menurutnya, RSTKA memilih pelaksanaan program community development di Pulau Oksigen karena melihat potensi pulau tersebut menjadi lokasi medical recovery tourism.

Selain pelayanan kesehatan, program community development ini juga akan mengenalkan kebun tanaman obat kepada masyarakat lokal, dr Agus berharap kedepannya Pulau Oksigen bisa menjadi kebun raya tanaman obat untuk lokasi konservasi, pusat industri, dan laboratorium bahan baku obat-obatan untuk kebutuhan masyarakat. 

“Program yang telah kita susun ini akan menyediakan telinga untuk mendengar keluhan dan harapan masyarakat, supaya kedepannya kita bisa terus menyiapkan program-program yang dibutuhkan masyarakat,” tutur dr Agus. Menutup sambutannya, dr Agus berharap bisa berdiskusi lebih lanjut untuk menyiapkan program-program pembangunan yang spesifik untuk mengembangkan potensi di suatu pulau.

Penulis: Thara Bening 

Editor: Binti Q Masruroh

SUmber: https://www.unair.ac.id/2022/05/15/rstka-ulurkan-program-pengembangan-masyarakat-di-pulau-oksigen/

Tags :