Kiat Mendapat Karier Sempurna sesuai Passion Ala Auditor Inspektorat Wednesday, 18 May 2022 03:04

UNAIR NEWS – Perkembangan dunia kerja menjadi tantangan bagi setiap orang terutama mahasiswa untuk mendapatkan karier yang diinginkan. Untuk menghadapi segala tantangan dalam mencapai karier yang sempurna, seseorang harus memiliki serta memperkuat strategi, mulai dari mempersiapkan dan mengasah skill untuk menghadapi seleksi masuk kerja.

Dalam hal ini, HMA SIKIA UNAIR menggelar kegiatan berupa Webinar Career Development dengan tema Impressive Performance Strategy to Prepare a Progressive Career pada Minggu (15/5/2022)Program kerja ini merupakan suatu bentuk pengenalan dunia kerja serta persiapan merintis karier selepas masa studi. Program ini dirancang untuk membantu mahasiswa dalam merintis karier yang sempurna.

Webinar menghadirkan Ika Putri Elviana SA selaku Auditor Inspektorat Kabupaten Situbondo, yang juga salah satu alumni UNAIR angkatan 2014. Ika menjelaskan bahwa untuk mendapatkan profesi yang diinginkan, mahasiswa harus memiliki value pembeda dari job seeker lain, agar peluang diterima menjadi lebih besar.

“Kita bisa memanfaatkan waktu luang dengan mengikuti organisasi, pelatihan, atau kegiatan-kegiatan lain yang sekiranya dapat memberikan peluang lebih besar untuk mencapai profesi yang diinginkan,” jelasnya.

Tentukan Goals

Ika menjelaskan, dalam proses mendapatkan karier sempurna, mahasiswa harus memiliki tujuan untuk mencapai hal tersebut. “Jangan sampai ketika semester akhir, kita belum menentukan fokus profesi seperti apa yang akan ditekuni,” ujarnya.

Untuk menentukan hal ini, mahasiswa bisa menyusun career development guide dalam pelaksanaan penentuan goals yang diinginkan. Ika menyebutkan, salah satu faktor yang cukup penting dalam hal tersebut adalah memahami keinginan, kebutuhan, dan bagaimana kiat mencapainya.

Dalam pembahasannya, memahami keinginan dapat membuat pekerja mencintai apa yang dikerjakan. “Contoh kecil sebuah hobi. Sebisa mungkin ketika kita mencari pekerjaan, pekerjaan tersebut harus sesuai dengan apa yang kita sukai, atau sesuai hobi yang kita lakukan. Kemungkinan besar hal ini akan terlaksana dengan kesenangan yang terdapati,” ujarnya lagi.

Namun, hal tersebut harus disejajarkan dengan kebutuhan dan pencapaian yang akan diperoleh. Ketiga hal penting ini saling terkait untuk memiliki karier sempurna sesuai passion yang diinginkan.

“Kita juga harus memikirkan apakah karier yang dipilih sesuai? Atau, profitable kedepannya? Beda lagi ketika mendapatkan pekerjaan sesuai hobi namun tidak terdapat profit di dalamnya. Oleh karenanya, tiga unsur tersebut harus saling dikaitkan sesuai pencapaian yang ada,” tambahnya.

Selain itu, branding diri juga hal yang harus dimiliki dalam mencapai karier sempurna sesuai keinginan. “Kita harus sales kelebihan-kelebihan yang dimiliki kepada perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai passion yang kita miliki,” imbuhnya. Dalam hal ini, personal branding dapat dicapai dengan skill dan knowledge yang berbeda dari orang lain.

“Jangan sampai perusahaan menganggap kita hanya sekadar mahasiswa dengan gelar sarjana. Melainkan, tambahkan pengalaman-pengalaman yang dapat menjadikan kita pembeda dari orang lain,” ungkapnya lagi. (*)

Penulis : Azka Fauziya

Editor  : Binti Q. Masruroh

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/05/17/kiat-mendapat-karier-sempurna-sesuai-passion-ala-auditor-inspektorat/

Tags :