Alumni UNAIR Berikan Tips dan Trik Beasiswa Chevening dalam Webinar DPKKA UNAIR Monday, 23 May 2022 04:24

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR mengadakan gelar wicara bersama IKA UNAIR pada Kamis siang (19/5/2022).  Kali ini, alumni UNAIR yang diundang adalah mereka yang melanjutkan studi magister dan doktoral bidang keperawatan di Britania Raya. 

Alumni FKp UNAIR Lathifatun Nisa’ Z, yang kini berkuliah magister di University of Edinburgh, dihadirkan sebagai narasumber. Ia menyabet kesempatan tersebut via Beasiswa Chevening, beasiswa pada mahasiswa internasional yang diberikan oleh pemerintah Britania Raya. Vita, sapaan karibnya, menjelaskan bahwa beasiswa tersebut menerima semua bidang studi serta tak ada batas umur.

“Pendaftar beasiswa tersebut rata-rata sekitar 49 ribu, dan hanya 5 ribu yang berkesempatan untuk wawancara di beasiswa Chevening. Jadi kuncinya adalah bagaimana kita bisa membuat esai personal yang sebagus mungkin,” ujarnya.

Menurut Vita, terdapat empat aspek yang harus ada dalam esai aplikasi beasiswa. Pertama, faktor kepemimpinan dan dampak. Ia menjelaskan bahwa esai tersebut harus menjelaskan pengalaman kepemimpinan dan dampaknya dari pengalaman tersebut pada pendaftar atau sekitarnya. Kedua, pengalaman networking dan pembelajaran bersama.

“Ketiga, adalah study plan. Sangat penting untuk menjelaskan rencana tersebut tidak mengutip apa yang dituliskan oleh universitas, atau terpaku pada peringkat universitas,” jelasnya.

Pada akhir, ia berpesan agar peserta bisa fokus pada rencana personal dan pengaruh dari hasil studi pada rencana karir atau impian pendaftar. Hal itu, sambungnya, ada hubungannya dengan aspek keempat, yaitu rencana karir. 

“Kita harus spesifik dengan penjelasan rencana karirnya. Apa yang ingin kita lakukan, hubungannya dengan pemenuhan SDGs, dan bagaimana itu bisa menguntungkan Chevening dan kerjasama antara Britania Raya dengan negaramu,” jelas Vita.

Dalam gelar wicara ini, juga dieksplor tips dan trik beasiswa magister dan doktoral dengan LPDP. Tak hanya itu, pemateri-pematerinya juga akan membahas pengalaman pribadi berkuliah di Britania Raya, serta prospek kerja bidang kesehatan atau keperawatan.

Penulis: Pradnya Wicaksana

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/05/21/alumni-unair-berikan-tips-dan-trik-beasiswa-chevening-dalam-webinar-dpkka-unair/

Tags :