Gagas “DEDI MELI” Mahasiswa UNAIR Raih Juara 3 Dalam Article Writing LEADS Indonesia Monday, 23 May 2022 04:49

UNAIR NEWS – Prestasi membagakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR, ia adalah Az-Zahra Helmi Putri. Dalam ajang yang dilaksanakan oleh Leadership, Education & Development Scholarship (LEADS) Indonesia, Zahra berhasil menyabet juara III dengan mengusung konsep “DEDI MELI, (Desa Digital Melek Teknologi) Strategi Pertumbuhan Ekonomi dalam Pengoptimalan Bonus Demografi 2030 dan Perwujudan Indonesia Emas 2045.”

Saat diwawancarai pihak UNAIR NEWS pada Jumat (20/5/2022), Zahra menyatakan bahwa gagasan tersebut dilatarbelakangi keinginan agar masyarakat di desa mampu melek secara teknologi dan dapat mengoptimalkan bonus demografi Indonesia di tahun 2030.

“Ketika mereka sudah maju teknologi mereka juga akan bisa bersaing dalam ekonomi, kalau mereka bisa bersaing dalam ekonomi, otomatis akan teroptimalkan secara baik bonus demografi 2030 jadi tidak ada anak muda yang gabut istilah kasarnya karena mereka sudah maju teknologi, sudah tahu caranya berniaga berbasis teknologi,” ujar Zahra sapaan akrabnya.

Lebih lanjut Zahra menjelaskan bahwa salah satu keunggulan dari gagasan tersebut adalah dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat yang belum berdaya secara ekonomi dan pendidikan.

“Jadi keunggulan gagasan aku adalah aku bisa melahirkan inovasi bagi orang yang tidak seberuntung orang-orang yang ada di kota baik secara infrastruktur maupun pemerataan pembangunan,” jelasnya.

Untuk merealisasikan DEDI MELI, sambung Zahra perlu adanya kolaborasi antara pemuda daerah setempat dengan aparat pemerintah. “Jadi memang tidak dipungkiri untuk membuat DEDI MELI ini kita tidak bisa independen dan memang harus terafiliasi dengan pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat,” sambungnya. 

Selama proses penyusunan gagasan, Zahra menuturkan bahwa dirinya banyak menghabiskan waktu untuk mengumpulkan dan mengolah data sehingga jika gagasan tersebut direalisasikan dapat berjalan dengan baik. Senang atas prestasi yang telah ia raih, Zahra berharap tulisan tersebut dapat dipublikasikan sehingga banyak orang yang membacanya.

This writing will open their mind more, will in large their mindset regarding betapa pentingnya membangun sebuah desa dan aku berharap bisa menghasilkan gagasan-gagasan baru,” pungkasnya.

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/05/20/gagas-dedi-meli-mahasiswa-unair-raih-juara-iii-dalam-ajang-article-writing-leads-indonesia/

Tags :