FK UNAIR Raih Rekor MURI Bidang Pelayanan Vaksinasi dan Webinar Series Terbanyak Friday, 03 June 2022 03:15

UNAIR NEWS – Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (UNAIR), pada Kamis (2/6/2022) Awan Rahargo sebagai Wakil Direktur Operasional Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) menyerahkan Piagam Rekor MURI kepada FK UNAIR. Berikut penjelasan MURI atas prestasi tersebut.

Pelayanan Vaksinasi Terbanyak oleh Mahasiswa

FK UNAIR merupakan Fakultas Kedokteran tertua ke-2 di Indonesia. Saat ini, FK UNAIR berusia 108 tahun sejak didirikan sebagai Nederlandsch-Indische Artsen School (NIAS) pada tahun 1913, FK UNAIR telah memulai perjalanan panjang dalam upayanya untuk terlibat dalam mentransformasikan pengetahuan di bidang ilmu kedokteran dan mengabdikan ilmu untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa, negara dan umat manusia.

Pada akhir tahun 2019, dunia digemparkan oleh wabah penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, atau oleh WHO disebut sebagai COVID-19 yang bermula di Wuhan, Tiongkok. Karena penyebarannya yang cepat dan jumlah korban yang banyak, pada 11 Maret 2020, WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

“Pada periode Juli-Agustus 2021, virus varian delta merebak bersamaan dengan vaksin yang telah ditemukan. Gencaran vaksinasi yang sedang dilakukan di seluruh dunia untuk pencegahan infeksi virus sementara minimnya tenaga kesehatan membuat proses vaksinasi melambat,” ujar Awan Rahargo.

Urgensi ini, sambungnya, membangkitkan semangat mahasiswa kesehatan yang telah melalui skill lab dan mampu untuk melakukan tindakan vaksinasi disertai dengan protokol khusus dan ketat yang dilalui menjadi potensi besar dalam percepatan program vaksinasi primer ini. 

“Berbekal dukungan dan kerjasama yang baik dari pihak-pihak terkait, terlaksanalah vaksinasi di beberapa titik di Jawa Timur yang berujung kenaikan sebanyak 2% penduduk Surabaya telah tervaksinasi dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan, Juni 2021-November 2021,” jelasnya.

Lebih lanjut, Awan mengungkapkan bahwa progresivitas ini merupakan bentuk contoh nyata bahwa mahasiswa dapat membantu perubahan yang baik bagi Indonesia. “Semoga terobosan ini mampu menginspirasi institusi lain di Indonesia untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam penanganan COVID-19,” paparnya.

Perguruan Tinggi yang Menyelenggarakan Seri Webinar Terbanyak Selama Pandemi 

Sebanyak lebih dari 100 webinar, sejak Mei 2020-April 2022 terlaksana. Capaian itu memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 32 Kali Webinar tahun 2020 di Jakarta. Pengetahuan tentang COVID-19 semakin berkembang dan sebagai institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan fungsi pendidikan sekaligus pengabdian kepada masyarakat, FK UNAIR merasa terpanggil untuk turut berkontribusi dalam penanganan pandemi ini dengan pendekatan saintifik, melalui web seminar (webinar). 

“Strategi ini dipilih Sebagai salah satu upaya promotif-preventif yang penting dan perlu digalakkan selama pandemi agar masyarakat Indonesia lebih peduli dan memahami betapa pentingnya gaya hidup sehat di masa-masa kritis ini,” jelas Aan.

Awan menuturkan fokus kegiatan ini pada awalnya adalah untuk membangun budaya diskusi yang konstruktif dan solutif dengan melibatkan para ahli dari berbagai latar belakang serta hanya berfokus pada tema-tema yang terkait COVID-19. Webinar yang diberi tajuk Airlangga webinar Conference Series (AWCS) ini pun dilakukan penyesuaian seiring waktu. 

Kegiatan AWCS ini bermula sejak bulan Mei tahun 2020 dan terus konsisten digalakkan hingga saat ini. Terhitung, per April 2022, FK UNAIR telah menyelenggarakan sebanyak 100 webinar dalam platform AWCS. 

“Semoga inovasi iní bisa menginspirasi institusi lain di Indonesia untuk membantu pemerintah baik dalam penanganan COVID-19 maupun mempermudah publik dalam menerima akses informasi dan edukasi seputar kesehatan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/06/02/fk-unair-raih-rekor-muri-bidang-pelayanan-vaksinasi-dan-webinar-series-terbanyak/

Tags :