Mahasiswa UNAIR Raih Best Delegate dalam Ajang International Future Leaders Summit 2022 Monday, 06 June 2022 03:23

UNAIR NEWS – Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Airlangga (UNAIR) kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat Internasional. Ia adalah Az-Zahra Helmi Putri Rahayu mahasiswa yang berhasil meraih Best Delegate of Women Leadership and Education dalam ajang International Future Leaders Summit 2022.  

Saat diwawancarai pihak UNAIR NEWS pada Senin, (6/6/2022), Zahra menyampaikan bahwa International Future Leaders Summit merupakan salah satu kegiatan konferensi bergengsi pasalnya kegiatan tersebut diikuti oleh peserta delegasi dari berbagai negara. 

“Saya waktu itu berperan sebagai delegasi dan memang pesertanya berasal dari berbagai macam negara bahkan kelompok saya berasal dari China dan Kazakhstan jadi itu menyenangkan dan dapat meningkatkan toleransi saya,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, sambung Zahra, dirinya memilih gagasan yang berfokus pada Women Leadership and Education. “Untuk gagasannya saya menekankan bagaimana caranya memaksimalkan peran seorang perempuan dalam segala aspek misalnya di dunia kerja maupun sekolah,” ujarnya.

Zahra menuturkan bahwa saat ini masih terdapat ketidaksetaraan gender antara laki-laki dan perempuan. Hal tersebut dapat kita temui dalam bidang politik. Menanggapi hal tersebut, imbuh Zahra sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menyetarakan gender yang dapat dimulai dari lingkup keluarga hingga sekolah.

“Misalnya kalau dari pemerintah itu bisa memberikan beasiswa untuk korban pelecehan seksual. Terus yang kedua mungkin dari mindset-nya dulu missal dari SD, SMP, SMA jadi guru-guru itu mendukung anak-anak yang menjadi korban pelecehan seksual jangan malah menyalahkan anak tersebut,” tuturnya.

Tak hanya itu, sambung Zahra memberikan peluang kepada perempuan untuk menjadi seorang pemimpin dalam demokrasi merupakan salah satu cara untuk menyetarakan gender.

Senang atas prestasi yang diraih, Zahra berharap gagasan tersebut dapat didengarkan oleh berbagai pihak dan dirinya dapat menjadi best delegate lagi di kegiatan yang serupa sehingga dapat mengasah kemampuannya. 

“Semoga nanti ketika aku mengikuti lomba-lomba serupa dapat meningkatkan kemampuan cara berpikir kritis dan mengutarakan pendapat dalam Bahasa Inggris,” pungkasnya. 

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/06/06/mahasiswa-unair-raih-best-delegate-dalam-ajang-international-future-leaders-summit-2022/

Tags :