Mahasiswa UNAIR Juara I dalam Ajang National Business Plan Competition 2022 Monday, 06 June 2022 03:26

UNAIR NEWS – Baru-baru ini dua Ksatria Airlangga kembali mengharumkan nama Universitas Airlangga di kancah Nasional. Mereka ialah Daniyal Firmansyah dan Natazha Claudya Widjanarko mahasiswa Program Studi Pengobat Tradisional, Fakultas Vokasi, UNAIR. Dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh HIPMI Surabaya yang merupakan serangkaian dari Surabaya Businesss Forum 2022, mereka berhasil meraih juara I dalam kategori business plan dengan mengusung ide bisnis “Coteanesia, Teh Herbal Penuh Warna”. 

Saat diwawancarai pihak UNAIR NEWS pada Jumat (3/6/2022), Danial Firmansyah selaku ketua tim menuturkan bahwa ide bisnis tersebut muncul karena banyaknya minuman kekinian yang mengandung kadar gula tinggi sehingga akan berdampak bagi kesehatan tubuh.

“Akhirnya muncul ide untuk membuat minuman yang sehat tapi tetap kekinian untuk masyarakat Indonesia, kita buat minuman yang terbuat dari bahan bahan herbal dengan rasa yang enak,” tuturnya.

Terbuat dari seratus persen bahan alami dengan kualitas tinggi, menjadikan keunggulan dari produk minuman tersebut. Tak hanya itu, imbuh Daniyal, harga yang murah, desain kemasan kekinian dan adanya diskon khusus bagi konsumen menjadi daya tarik produk tersebut.

“Ada diskon buat konsumen yang menukarkan cup sama sedotannya pada saat pembelian jadi bakal dapat voucher diskon,” imbuhnya.

Mahasiswa yang duduk di semester akhir ini juga menceritakan kendala yang mereka alami selama proses kompetisi. Banyaknya tugas di semester akhir mengharuskan mereka untuk pandai membagi waktu. “Kendalanya itu bagi waktu buat proposalnya sama tugas-tugas akhir sama waktu presentasi agak gugup,” tutur Daniyal. 

Terlepas dari kendala tersebut, Daniyal sangat bersyukur atas pengalaman dan prestasi yang telah diraihnya bersama Natazha. Daniyal mengaku bahwa dalam kompetisi tersebut dirinya bertemu banyak orang-orang baru yang bergerak dibidang bisnis. Kedepannya Daniyal berharap ide bisnis tersebut dapat terealisasikan dengan baik. 

“Harapan jangka panjangnya pengen bisa kayak kopi kenangan ataupun janji jiwa yang sudah menjadi icon sekarang,” pungkasnya.

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/06/03/mahasiswa-unair-raih-juara-i-dalam-ajang-national-business-plan-competition-2022/

Tags :