Tim MEDICATION UNAIR Raih Medali Perunggu dalam International Science Project Competition Thursday, 09 June 2022 02:53

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh lima Ksatria Airlangga. Mereka ialah Sulthan Fathi Nur Alauddin (FST 19), Ardelia Bertha Prastika (FK 19), Syadilla Rahmansyah (FKM 19), Intan Fairuz Zakia (FK 20), dan Bernika Citra Dwi Prasetya (FISIP 21). 

Pada ajang International Science Project Competition (INTOC), mereka berhasil menyabet Bronze Medal Award pada kategori Life-Science. Penghargaan tersebut diberikan oleh The World Academy of Scientist, Bilkent University, Massachusetts Institute of Technology, American Association of Cereal Chemists, CMS at CERN, NASA FDL.

INTOC merupakan ajang kompetisi tingkat Internasional yang dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting dengan dihadiri oleh masing-masing delegasi lebih dari 30 negara. Dalam ajang kompetisi tersebut mereka mengusung gagasan MEDICATION: Application-based Health and Tourism Service Package to Restore the Indonesian Tourism Sector to Realize SDGs 2030. 

Saat diwawancarai pihak UNAIR NEWS pada Rabu (8/6/2022), Syadilla menjelaskan bahwa gagasan tersebut bermula dari banyaknya masyarakat yang terkena Covid-19. Terlebih, sambungnya, pasien juga mengidap komorbid lainnya yang mengharuskan untuk menjalani masa recovery di rumah sakit sehingga muncul ide untuk menciptakan aplikasi MEDICATION.

“Untuk mempercepat masa penyembuhan pasien, kami menciptakan MEDICATION,” ujarnya.

Lebih lanjut Syadilla menyatakan bahwa aplikasi tersebut menawarkan custom packages yang memberikan kenyamanan dan kebebasan kepada pengguna untuk memakai fitur kesehatan yang sudah tersedia. Tak hanya itu, sambungnya, aplikasi tersebut memiliki fitur unggulan meliputi Covid-19 suspect, drugs rehabilitation, woman care, telehealth, alarm check-up, your insurance, budgeting and financial. 

Mengenai prestasi yang telah mereka raih, Syadilla berharap dirinya dan timnya dapat terus menuangkan ide dan gagasan lain sehingga dapat menjadi rekomendasi pemecahan masalah yang ada di masyarakat. 

“Lomba bukan hanya sekedar untuk mendapatkan hadiah ataupun medali tapi lebih ke proses dan bagaimana hal tersebut bisa bermanfaat bagi kami khususnya dan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya. 

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/06/08/tim-medication-unair-raih-medali-perunggu-dalam-international-science-project-competition/

Tags :