Kupas Program MBKM Melalui Ngobrol Pintar Bersama Civitas Akademika Friday, 15 July 2022 01:39

UNAIR NEWS – Kemajuan sebuah kelompok atau organisasi tidak terlepas dari adanya aspirasi atau masukan yang disampaikan oleh anggotanya. Untuk memfasilitasi hal tersebut, himpunan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Sekolah Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA) UNAIR yakni B-PHA UNAIR gelar kegiatan NGOPI CIKA (Ngobrol Pintar Bersama Civitas Akademika). Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Rabu, (13/7/2022) secara online melalui platform Zoom Meeting dengan menyasar seluruh civitas akademika FKM SIKIA.

Asroful Waro’faid Sukamto selaku ketua pelaksana NGOPI CIKA menjelaskan bahwa NGOPI CIKA kali ini mengusung tema MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Pengambilan tema tersebut tidak terlepas dari hasil jaring aspirasi mahasiswa yang telah dilakukan oleh biro CASA.

“Untuk konsepnya dari kami mengusung tema tentang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan luas dan siap terjun ke dunia kerja untuk para mahasiswa,” tuturnya.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow tersebut menghadirkan pemateri Dosen FKM SIKIA yaitu Septa Indra Puspikawati SKM MPH. Dirinya mengulas mengenai program MBKM dengan dipandu oleh moderator Guntur A.Gama Muhammad.

Pada kesempatan tersebut Septa menyampaikan bahwa kegiatan MBKM merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk menambah pengalamannya diluar pembelajaran kampus.

“Program MBKM ini merupakan instruksi langsung dari menteri, dari beberapa instansi misalnya BPJS, Pertamina dan beberapa instansi-instansi besar bekerja sama menawarkan program MBKM untuk para mahasiswa yang ingin belajar disana dengan ketentuan yang sudah ada,” tuturnya.

Disamping itu, Septa juga berpesan bahwa sebelum mengikuti program MBKM diharapkan mahasiswa mampu memahami capaian atau learning outcome nya. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya konversi SKS maupun SKP yang diberikan oleh pihak kampus.

“Jadi program MBKM ini dapat dikonversi ke mata kuliah yang selinier, jika tidak maka dapat dikonversi menjadi SKP,” ujarnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Ketua B-PHA UNAIR, Mochamad Nur Mahyail berharap kegiatan NGOPI CIKA dapat memberikan informasi tambahan bagi mahasiswa.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap dapat meningkatkan pengetahuan teman-teman semua mengenai topik yang diangkat serta sebagai wadah menggali informasi terkait hal hal yang masih dirasa bingung oleh teman teman mahasiswa,” pungkasnya.

Penulis: Indah Ayu Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/07/13/kupas-program-mbkm-melalui-ngobrol-pintar-bersama-civitas-akademika/

Tags :