Rifky Mahasiswa FKH UNAIR Sabet Tiga Medali Emas di PORPROV JATIM 2022 Monday, 01 August 2022 11:03

UNAIR NEWS – Luar biasa, prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh R. Rifky Gaenayael, mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR). Setelah sebelumnya berhasil memborong lima emas di ajang panahan internasional, kali ini Rifky turun di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Timur 2022 yang diadakan di Stadion Magenda, Kabupaten Bondowoso.

Kepada UNAIR NEWS (28/7) Rifky mengungkapkan bahwa ia tergabung pada kontingen kota Surabaya. Untuk proses seleksinya sendiri, lanjut Rifky, dilaksanakan sebanyak tiga kali scoring dalam dua hari berturut-turut pada bulan April. Dari hasil seleksi tersebut, Rifky berada pada ranking satu sehingga terpilih untuk mengikuti PORPROV mewakili kota Surabaya.

Alhamdulillah saya mendapatkan tiga medali emas, satu medali perak dan satu  medali perunggu di divisi standard bow/nasional,” papar Rifky.

Lebih lanjut, Rifky bercerita bahwa beban pada perlombaan ini jauh lebih besar, karena membawa nama Kota Surabaya. “Tentunya sangat mendebarkan ya, karena ini event resmi dan besar pertama yang saya ikuti sekaligus excited karena ini yang saya tunggu-tunggu,” ujar Rifky

Pada saat pertandingan, lanjutnya, cuaca di arena bisa dibilang cerah tapi sangat berangin sehingga relatif sulit untuk membidik sasaran dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi. Kebetulan busur yang digunakannya cukup berat sehingga tidak terlalu parah pengaruh dari angin di lokasi tersebut.

Perasaan panik sempat merasuki pikiran Rifky pada sesi kualifikasi. Hal itu, ungkapnya, menjadi pelajaran penting untuk memperbaiki pada sesi berikutnya.

“Pada sesi kualifikasi ke-1 terdapat enam rambahan dimana satu rambahan itu menembak enam anak panah. Ada satu rambahan yang saya hanya tembakkan lima anak panah saking panik dan tidak fokus sehingga medali pada sesi tersebut terbuang begitu saja. Akan tetapi karena hal tersebut, paniknya saya seketika menghilang dan menjadi rileks dan pada sesi kualifikasi ke-2 hingga sesi aduan perorangan pun saya tetap tenang dan berhasil merebut medali di sesi-sesi tersebut,” jelas Rifky.

Rifky berharap setelah hasil yang didapatnya pada PORPROV ini tidak menjadikan sombong atas prestasi-prestasi. Bagi Rifky, prestasi ini bukan hanya hasil kerja keras sendiri dan tim melainkan atas kehendak dan perlindungan Allah SWT. Selain itu, tambahnya, dengan langkah awal di PORPROV kali ini dapat menjadi gerbang pertama untuk meraih prestasi besar berikutnya seperti PON ataupun sampai go international.

“Well, saya berpesan tetap semangat dan tetap berjuang apapun kondisinya, jangan menyerah di tengah jalan. Saat diri merasa ingin menyerah, ingat-ingat lagi tujuan awal kenapa ingin ada di titik tersebut. Keep fighting,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/07/29/rifky-mahasiswa-fkh-unair-sabet-tiga-medali-emas-di-porprov-jatim-2022/

Tags :