DPKKA UNAIR Berikan Edukasi Peluang Bisnis dan Karir Digital Tuesday, 09 August 2022 02:51

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) sebagai salah satu PTN terbaik di Indonesia terus mendorong lulusan-lulusannya agar bisa sukses di dunia profesional. Hal ini salah satunya terlihat pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Pengembangan Karir, Kewirausahaan, dan Alumni UNAIR melalui Airlangga Entrepreneur Club yaitu webinar Tips Peluang Bisnis dan Karir Digital Bagi Milenial Setelah Pandemi pada Kamis (4/8/2022). Kegiatan tersebut menghadirkan Dian Martin selaku Ketua Umum Asosiasi Digital Marketing Indonesia.

Bisnis dan Karir Digital

Dian menjelaskan bahwa transaksi e-commerce di Indonesia terus meningkat seiring berjalannya waktu. Tentu hal ini menjadi angin segar bagi para entrepreneur di Indonesia. “Bank Indonesia mencatat transaksi e-commerce tembus Rp401 trilliun tahun 2021 dan diramalkan (diproyeksikan, Red) akan mencapai Rp503 trilliun pada 2022,” jelasnya.

Selanjutnya, selain menjelaskan peluang bisnis digital, Dian juga menjelaskan peluang karir digital di Indonesia. “Karir yang paling dicari pada tahun 2022 ini adalah digital marketing dengan lowongan pekerjaan sebesar 31.752,” terangnya.

Digital Marketing

Menurutnya terdapat persepsi yang kurang lengkap di masyarakat berkaitan dengan digital marketing. Sebab, selama ini digital marketing hanya dianggap sebagai cara promosi dan jualan. Padahal, digital marketing adalah seni komunikasi digital untuk menyampaikan produk, keahlian, ataupun persepsi, sehingga dibutuhkan oleh semua prodi.

Terdapat beberapa benefit jika menerapkan digital marketing atau seni komunikasi menggunakan tool digital. Benefit tersebut antara lain lebih mudah untuk melakukan targeting, lebih mudah untuk menyebarkan pesan ke banyak orang yang tepat, serta lebih cepat dan efektif.

Digital marketing memiliki lima elemen utama yaitu targeting, pembuatan konten, distribusi, tes dan ukur, hingga relaunch. Inilah juga yang melatarbelakangi keterkaitan digital marketing dengan lima tahap buyer journey yaitu demand/dreaming generating, searching, comparing, buying, hingga loyalty.

“Di dalam dunia bisnis digital ini, ada dua algoritma utama yang dipakai oleh platform,” jelas Dian. Algoritma pertama yaitu posisi atau lokasi, sedangkan algoritma kedua yaitu saran atau suggest.

Ide Bisnis

Dian juga memberikan beberapa ide untuk bisa memulai usaha tanpa modal, stok, hingga ruko. Ide-ide tersebut antara lain yaitu dimulai dengan dropship, melangkah lebih lanjut menjadi reseller, hingga menjadi pengusaha full-time.

Terakhir, Dian memaparkan sejumlah pertanyaan yang harus dijawab ketika melakukan riset untuk memulai usaha. Pertanyaan tersebut antara lain tentang market dari usaha tersebut, persaingannya, alasan yang membuat orang membeli, harga jual yang tepat, tempat penjualan, hingga kompetitor beserta strateginya. (*)

Penulis : Tristania Faisa Adam

Editor : Binti Q Masruroh

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/08/08/dpkka-unair-berikan-edukasi-peluang-bisnis-dan-karir-digital/

Tags :