Cegah Generasi Sandwich, Tim UNAIR Raih Juara 2 Lomba Esai Nasional Monday, 29 August 2022 02:45

UNAIR NEWS – Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) tak henti menorehkan berbagai prestasi. Kali ini, prestasi membanggakan datang dari dua mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Muhammad Harits Natakesuma dan Nova Ria Astuti. Keduanya berhasil meraih juara 2 National Essay Competition (NEC) UNNES 2022 pada Selasa (23/8/2022).

NEC sendiri merupakan kompetisi esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh HIMA IPA Terpadu Universitas Negeri Semarang (UNNES). Tahun ini, kegiatan tersebut mengusung tema Peran Genarasi Z dalam Mengoptimalkan Economic Development sebagai Upaya Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

“Lomba esai ilmiah ini merupakan pengalaman pertama bagi kami berdua selama berkuliah di UNAIR. Walaupun demikian, kami tetap memiliki keyakinan dan optimisme pada lomba ini. Kami juga ikut kegiatan mentoring selama berjalannya lomba ini hingga akhirnya bisa menang,” ungkap Harits.

Harits menjelaskan bahwa ia dan timnya mengusung sebuah inovasi bertajuk FL4SG (Financial Literacy For Sandwich Generation). Inovasi tersebut merupakan pelatihan literasi finansial secara daring bagi Generasi Z di Indonesia yang mengombinasikan konsep teoretis dan praktis tentang rencana keuangan untuk memaksimalkan dana pensiun dan investas sejak dini.

“Tingkat literasi finansial di Indonesia itu rendah seiring dengan tingkat ketergantungan lansia yang makin naik. Kalau generasi Z tidak dibekali kemampuan perencanaan keuangan dan literasi keuangan yang baik, maka berpotensi serta terancam menjadi generasi sandwich,” ujarnya.

Ke depannya, mereka berharap bahwa inovasi yang mereka usung dapat terealisasi dan mampu meningkatkan kemampuan literasi finansial generasi Z sehingga dapat memutus mata rantai generasi sandwich di Indonesia.

Tak lupa, mereka juga membagikan kiat-kiat sukses mengikuti perlombaan esai ilmiah. Pertama, selalu berdoa dan meminta restu orang tua serta orang-orang terdekat. Kedua, memiliki daya juang yang tinggi dan ajak rekan yang punya daya juang yang tinggi juga.

Ketiga, rela mengorbankan waktu, tenaga, dan materi. Keempat, temukan mentor yang dapat membimbing teman-teman dengan baik. Terakhir, latihan secara rutin untuk meningkatkan pemahaman terkait suatu topik yang dibahas dalam perlombaan. (*)

Penulis: Rafli Noer Khairam

Editor: Binti Q. Masruroh

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/08/25/cegah-generasi-sandwich-tim-unair-raih-juara-2-lomba-esai-nasional/

Tags :