FEB UNAIR Borong Dua Juara dalam Lomba Ekonomi Syariah Nasional SEHATI Friday, 02 September 2022 03:24

UNAIR NEWS – Enam Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil  memborong dua prestasi gemilang dalam Lomba Sharia Economic Activity (Sehati). Dua tim delegasi dari KSEI AcSES (Association of Sharia Economics Studies) UNAIR itu berhasil menorehkan prestasi sebagai Juara II dan Top Scorer.

Alif Fahril Aziz, Mita Kurniya, dan Dzikri Nurrohman berhasil membawa pulang Juara II dalam ajang Islamic Economic olympiad yang diselenggarakan oleh FEB Universitas Diponegoro. Sedangkan Roval Romadhon, Rahmat Fiqih Gunawan, Ismy Fadiyah berhasil menjadi Top Scorer.

Alif selaku ketua tim A menuturkan bahwa motivasi terbesar tim dalam berprestasi adalah untuk menambah khazanah keilmuan dan pengalaman dalam mengikuti perlombaan di luar kampus.

“Meskipun sebelumnya sempat masuk waiting list 8 besar, Alhamdulillah, di final kami berusaha semaksimal mungkin untuk come back dan akhirnya bisa menjadi juara 2,” ujarnya.

Lebih lanjut Ismy mewakili Tim B menerangkan motivasi tim dalam berprestasi adalah sebagai bukti pengimplementasian ilmu yang telah didapatkan dari perkuliahan. Tim B juga ingin membawa nama UNAIR ke kancah nasional.

“Selain itu, kami juga ingin memanfaatkan ilmu yang kita timba di perkuliahan untuk dimanfaatkan untuk diri sendiri dan sekitar,” tuturnya.

Tim B menjalani beberapa tahapan dalam perlombaan SEHATI. Mulai dari babak penyisihan hingga berhasil lolos ke Top 8 Finalist. Setelah memasuki Top 8, tim menjalani proses final yang terdiri dari tes tulis, study case, dan cerdas cermat. Pada olimpiade tersebut, tim mendapat bahasan topik ekonomi syariah, sejarah ekonomi syariah, dan akuntansi syariah.

“Serta yang paling utama, kami juga membahas kasus riil yang sedang terjadi, seperti posibilitas penerapan full syariah banking di Indonesia,” ucapnya.

Setelah mengikuti final perlombaan, tim meminta bantuan dosen FEB UNAIR Ubaidillah. Tim menyampaikan terima kasih atas kesediaan menjadi mentor dan dosen pembimbing.

“Seluruh rekomendasi dan masukan dari beliau, sangat bermanfaat saat kami mengikuti perlombaan” ucap Ismy. (*)

Penulis :  Sandi Prabowo

Editor :  Binti Q. Masruroh

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/08/31/feb-unair-borong-dua-juara-dalam-lomba-ekonomi-syariah-nasional-sehati/

Tags :