Usung Tema SDGs 15, Fahma Indrayana Sabet Juara 3 Esai Internasional Thursday, 08 September 2022 03:29

UNAIR NEWS – Mahasiswa Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fahma Indrayana berhasil raih juara 3 dalam Ethno Eco-tourism Optimization as a Sustainable Tourism Development Strategy dengan kategori International Essay Competition. Ajang tersebut diselenggarakan oleh SIKIA UNAIR pada (25/7/2022) – (31/8/2022).

Fahma berhasil mengikuti serangkaian seleksi mulai dari pendaftaran, penulisan esai, presentasi hingga penilaian juri. “Hal yang menjadi tantangan dalam lomba tersebut yaitu pada tahap presentasi karena menggunakan bahasa Inggris,” ujarnya.

Dalam kompetisi esai, Fahma mengangkat gagasan optimalisasi kultur sosial dan warisan budaya dengan mendukung perkembangan SDGs 15 Life on Land melalui sosial media yang sedang booming pada generasi muda.

Daerah Banyuwangi menjadi latar belakang Fahma dalam mengangkat gagasannya, berangkat dari Daerah Banyuwangi yang memiliki local wisdom yang unik. Namun, dalam pengembangannya cukup minim karena adanya kearifan lokal masyarakat suku Osing. “Dari kekurangan tersebut, Fahma jadikan itu sebagai ide kreatif dengan menggandeng influencer untuk melakukan promosi Banyuwangi,” ungkapnya.

Fahma memberikan tips dan trik untuk memenangkan kompetisi esai yaitu mempersiapkan diri dengan persyaratan yang telah diberikan, gencar melakukan research agar memudahkan dalam menuliskan ide kreatif, dan mengasah kemampuan berbahasa inggris baik oral maupun writing. Maksimal dalam tiap poin esai dan memberikan argumentasi pendukung untuk memperkuat dalam ide kreatif.

Selain itu, Fahma mengatakan, percaya diri merupakan kunci penting dalam memrepresentasikan ide esai yang telah dibuat. Ia juga menantang dirinya karena sebelumnya ia tidak pernah mengikuti kompetisi esai bertaraf internasional dan keluar dari zona nyaman.

Fahma mengimbau kepada mahasiswa untuk aktif mengikuti kompetisi apapun. Berani mencoba menjadi hal yang penting. Memiliki mindset bahwa mengikuti kompetisi apapun ialah untuk mendapatkan ilmu bukan terfokus pada menang atau kalah. “Karena pengalaman yang berbeda dan menantang menjadi hal yang berharga daripada sekedar menginginkan sebagai juara,” tegasnya.

Penulis : Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/07/usung-tema-sdgs-15-fahma-indrayana-sabet-juara-3-esai-internasional/

Tags :