HRD Behaestex Group Pesan Generasi Z Bersikap Gelas Kosong saat di Tempat Kerja Thursday, 08 September 2022 03:31

UNAIR NEWS – Kepala HRD Behaestex Group Aditya Yudha Pradana menekankan sikap gelas kosong kepada generasi z ketika berada di lingkungan kerja. Ia menyampaikan hal itu dalam acara Airlangga Online Career Fair (AOCF) 36th pada senin (7/9/2022) via zoom meeting dan Youtube.

Yudha menjelaskan bahwa generasi z lahir pada era revolusi digital yang pesat. Karena itu, mereka merasa lebih tahu dari generasi sebelum mereka. 

“Itu terkesan menggurui. Tetaplah asertif seperti gelas kosong, good learner, pembelajar sejati, dan no drama,” katanya.

Yudha juga memberikan cara memilih karir kepada fresh graduatejob seeker, hingga mahasiswa umum. Dia mengimbau mereka untuk memperhatikan empat poin dari suatu perusahaan. Yaitu, keuangan, pelanggan, proses bisnis, proses belajar, dan pertumbuhan.

Industri farmasi dan ekspedisi, lanjut Yudha, saat ini cenderung relatif tumbuh pada masa pandemi Covid-19. Selama pandemi banyak pula perusahaan menerapkan work from anywhere (WFA) sebagai akselerasi kinerja karena terhambat pandemi ini.

“Ketika banyak industri mengurangi sumber dayanya, industri medis dan ekspedisi justru menyerap banyak sumber daya,” katanya. 

Kemudian, Yudha menyinggung matching antara kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan keterampilan para pencari pekerjaan. Mereka juga mesti memperhatikan kebutuhan perusahaan.

“Saya khususnya di Behaestex, ketika merekrut fresh graduate masih perlu memberikan warna lagi. Baik itu sikap industri, pengetahuan-pengetahuan industri, itu belum match di sana,” ucapnya.

Tips

Pada sesi tanya jawab, Yudha memberikan tips untuk meningkatkan kompetensi. Yakni, dengan mengikuti volunteer dan melakukan self development. Dia menjelaskan bahwa kita perlu memiliki keunikan yang dapat kita tawarkan kepada tempat kita melamar sebagai nilai tambah kita.

“Itu (keunikan, Red) yang perlu jadi perhatian khusus sih. Dan, saya yakin setiap orang pasti memiliki unique selling point-nya masing-masing.”

Menutup sesi tanya jawab, Yudha membagikan informasi akun LinkedIn dan Instagram-nya. Siapa saja yang ingin menanyakan lebih lanjut tentang dunia kerja serta topik materi bisa disampaikan melalui itu.

Penulis: Muhammad Mu’afa Rahman

Editor: Feri Fenoria

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/08/hrd-behaestex-group-pesan-generasi-z-bersikap-gelas-kosong-di-tempat-kerja/

Tags :