Mahasiswa UNAIR Raih Juara II Duta GenRe Kabupaten Tulungagung 2022 Friday, 16 September 2022 03:44

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Ksatria Airlangga asal Tulungagung. Ia adalah Irma Hanifatu Sa’adah, mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Sekolah Ilmu Kesehatan dan Ilmu Alam (SIKIA), UNAIR, Banyuwangi. Pada ajang pemilihan Duta GenRe yang digelar Minggu, (10/9/2022), Irma, sapaan akrabnya berhasil dinobatkan sebagai juara II Duta Genre Kabupaten Tulungagung 2022. 

Ajang pemilihan Duta GenRe merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas KB PP dan PA Tulungagung bersama Insan GenRe Tulungagung. Seperti pemilihan duta pada umumnya, pemilihan duta genre terdiri dari beberapa tahapan meliputi agenda seleksi tulis, seleksi paper, GenRe Campaign, Karantina, dan puncak Grand Final.

Lebih lanjut, Irma mengungkapkan bahwa menjadi Duta Genre merupakan pengalaman baru baginya. Sebagai duta Genre dirinya memiliki peran yang penting untuk memotivasi remaja. Menurutnya, remaja saat ini harus memiliki perencanaan yang matang untuk mewujudkan remaja berkualitas menuju Indonesia emas. 

Sadar akan perannya, Irma berkeinginan untuk memberikan motivasi maupun penyuluhan kepada remaja dengan berfokus pada TRIAD KRR. “TRIAD KRR merupakan ancaman dasar remaja mengenai kesehatan reproduksi remaja yang terdiri dari dari pernikahan dini, seks pra nikah, dan NAPZA,” tuturnya pada UNAIR NEWS (15/9/2022). 

Tidak hanya melakukan penyuluhan, Irma juga berencana memberikan pemahaman kepada remaja dengan ngobrol santai serta menyajikan konten-konten kreatif melalui media sosialnya. “Saya juga akan melakukan pemahaman melalui media sosial seperti membuat video edukatif atau poster edukatif yang dapat diakses dengan mudah,” ujarnya.

Disamping itu, Irma juga menceritakan pengalaman menariknya selama mengikuti karantina Duta GenRe. Selama masa karantina, Ia bersama sembilan belas finalis Duta GenRe mengadakan sosialisasi mengenai bahaya merokok, bahaya napza, pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, dampak bullying, dan lima transisi kehidupan remaja. 

“Adik-adik SMP sangat mendengarkan dengan antusias dan membuat saya dan teman-teman merasa terkesan ternyata kami bisa melakukan sosialisasi dengan baik,” ungkapnya.

Bersyukur dan senang atas apa yang telah diraih, Irma berharap dirinya dapat mengemban amanah dengan baik dan dapat menginspirasi banyak orang. “Bisa menginspirasi banyak orang, bermanfaat untuk orang, dan bisa menjadi role model serta berperan memberikan aksi nyata yang baik bagi remaja, serta tak lupa saya bisa berkontribusi di masyarakat luas,” pungkasnya.

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/16/mahasiswa-unair-raih-juara-ii-duta-genre-kabupaten-tulungagung-2022/

Tags :