DPKKA Gelar Webinar Persiapan Kerja bagi Fresh Graduate Monday, 19 September 2022 07:38

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga, telah melangsungkan webinar terkait persiapan lulusan memasuki dunia kerja. Acara yang diselenggarakan melalui platform zoom itu dilangsungkan pada Kamis (15/9/2022).

Melalui webinar tersebut, DPKKA bermaksud memberikan ilmu bagi fresh graduate yang ingin langsung bekerja setelah lulus kuliah. Webinar itu, diisi oleh pemateri handal dari pihak Progate, Norman Ganto.

Dalam paparan materinya, Norman menyatakan ada beberapa langkah untuk mengetahui cara untuk siap bekerja. Beberapa hal itu, sambungnya, seperti memahami pekerjaan, ketahui kepribadian, pelajari pengembangan skill, presentasi dan komunikasi, serta memahami proses riset market

“Teman-teman yang ingin mengetahui What is Job-Ready, sudah sangat mudah,” ujar Norman saat penyampaian materi. 

Tidak hanya itu, ia juga menambahkan, pemahaman mengenai Bahasa Inggris adalah hal penting dalam dunia kerja. Tak hanya kemampuan berbicara, namun kemampuan menulis dan mendengar Bahasa Inggris juga penting 

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bahwa seorang pelamar pekerja harus mengetahui tentang diri sendiri, seperti strengths (kelebihan) dan weakness (kekurangan) pada setiap individu saat interview kerja. Ia juga berpesan agar jangan terlalu menonjolkan kelemahan dalam arti kelemahan perfeksionis.

“Setidaknya ada beberapa keterampilan skill dasar yang harus dimiliki pada era saat ini yaitu belajar cepat, dapat dipercaya, peneliti, aktif mendengarkan, mampu presentasi serta komunikatif,” ucapnya.

Menutup webinar tersebut, Norman berpesan bahwa mengasah soft skill sangat pentin., Misalnya coding, editing untuk berbagai sosial media, teknik copywriting atau pelatihan softskill lainnya. 

“Ikut berbagai intern di perusahaan, hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih siap dalam menghadapi dunia kerja,” pungkasnya.

Penulis: Langgeng Widodo

Editor: Nuri Hermawan 

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/16/dpkka-gelar-webinar-persiapan-kerja-bagi-fresh-graduate/

Tags :