DPKKA UNAIR Beberkan Kendala Fresh Graduate dalam Dunia Kerja Monday, 19 September 2022 08:20

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, Dan Alumni (DPKKA) UNAIR membeberkan kendala fresh graduate dalam dunia kerja. Hal itu disampaikan oleh Direktur DPKKA Prof Dr Elly Munadziroh drg M kes dalam Workshop desain portofolio kompetensi di Hotel Doubletree, Surabaya, pada Kamis (15/9/2022).

Dalam penjelasannya, Prof Elly menyampaikan pengalaman perusahaan Pegadaian dan Pelindo dalam menerima fresh graduate. Kedua perusahaan memiliki kendala serta beberapa kompetensi yang diharapkan dari para fresh graduate.

“Lulusan ini umumnya kurang tahan menghadapi tekanan dalam dunia kerja. Jadi, adik-adik ini (fresh graduate. Red) kalau ada tekanan cepat mutung, terus pindah, terus resign,” ucapnya.

Adaptif

Prof Elly menerangkan penyebab fresh graduate yang mutung adalah masa peralihan setelah lulus memasuki dunia kerja serta tugas yang beragam. Sehingga mereka perlu adaptasi dalam masa ini.

Selain itu, kendala lainnya adalah kurangnya kerja sama tim, kurangnya komunikasi baik lisan maupun tulisan, serta kurangnya inisiatif dan mudah bosan. Karena itu, Prof Elly mengatakan hal terpenting bagi para fresh graduate adalah motivasi.

“Kami pernah berdialog dengan para HRD di Jakarta. Para HR mengatakan, jadi kalau ingin mewawancara itu yang utamanya adalah motivasi,” katanya.

Prof Elly juga menyampaikan penggunaan media sosial oleh fresh graduate. Waktu untuk menggunakan media sosial yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi kerja. Selain itu, penggunaan media sosial tanpa bimbingan mental bisa menyebabkan konflik dengan lingkungan.

“Biasanya dalam pelatihan karir, kami sudah mewanti-wanti kalau mau melamar kerja tolong medsos-nya itu bersih,” ucapnya.

Media Sosial

Prof Elly menerangkan bahwa saat ini industri tidak hanya melihat job seeker ketika berhadapan. Menurutnya industri juga melihat media sosial para job seeker tersebut.

Prof Elly kemudian menjelaskan penyelarasan antara kompetensi yang dibutuhkan industri dengan kompetensi yang dimiliki oleh para fresh graduate. Prof Elly selaku direktur DPKKA UNAIR menyebutkan upaya untuk menyelaraskan tersebut.

“Kami bekerja sama dengan fakultas psikologi untuk membuat buku saku. Di mana para dosen wali ini dapat mengonselir secara ringan ke adik-adik (mahasiswa. Red) untuk menggali karirnya,” jelasnya.

Terdapat pula program Career Buddy Program sebagai salah satu upaya penyelarasan dari DPKKA UNAIR. Program ini merupakan pelatihan untuk mempersiapkan para mahasiswa maupun alumni Universitas Airlangga memasuki dunia kerja.

“Bagaimana adik-adik (mahasiswa maupun alumni UNAIR, Red) membangun akunnya di LinkedIn. Belajar kemudian membuat lamaran, membuat portofolio, itu diajarkan semua,” ucapnya.

Penulis: Muhammad Mu’afa Rahman

Editor: Feri Fenoria

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/16/dpkka-unair-beberkan-kendala-fresh-graduate-dalam-dunia-kerja/

Tags :