DPKKA UNAIR Gelar Webinar Tingkatkan Pemahaman tentang Alur Rekrutmen Perusahaan Tuesday, 27 September 2022 05:27

UNAIR NEWS – Dalam serangkaian acara Airlangga Career Club yang digelar Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR), Kreditplus bergabung memberikan materi bertajuk Be The Most Outstanding Candidate: Shine Like A STAR. Seminar yang diselenggarakan secara daring itu dilangsungkan pada Rabu (21/9/2022).

Untuk memantik minat dalam diskusi, Bey Ade Krisnadi memulai kegiatan dengan bertanya beberapa hal terkait proses rekrutmen kepada partisipan. “Ternyata, masalah terbesar bagi partisipan dalam menghadapi rekrutmen adalah ketika interview,” simpulnya.

Bey menguraikan secara sistematis bagaimana proses rekrutmen berlangsung, yakni dimulai dari seleksi CV, assessment center, proses interview, pengecekan track record perilaku, check-up kesehatan, dan offering and hiring. Ternyata, ungkap Bey, salah satu trik dalam menuliskan CV adalah dengan menonjolkan poin-poin penting yang relevan dengan kebutuhan perusahaan, bukan sekadar pencapaian luar biasa dari diri sendiri.

“Informasi pribadi yang penting dalam menarik penerima kerja adalah pengalaman kerja, termasuk exposure yang pernah dialami, kegiatannya, serta posisi yang pernah diduduki. Selain itu, pengalaman organisasi beserta posisinya juga penting,” ungkapnya.

Dalam langkah rekrutmen selanjutnya, yaitu assessment center yang salah satunya berupa tes psikotes, Bey memberi saran agar pengerjaan dapat dilakukan semaksimal mungkin. Hal yang perlu dipersiapkan cukup berbeda antara kondisi daring dengan luring. Tes yang dilakukan secara daring perlu dipersiapkan dari segi koneksi internet. Sedangkan jika dilakukan secara luring, kandidat hanya perlu mempersiapkan diri dengan istirahat yang baik.

Memasuki tahap selanjutnya, Bey memaparkan terdapat dua jenis interview yang biasa dilakukan perusahaan, yaitu interview HR dan user dengan perbedaan utama terletak pada tujuannya. “Interview HR lebih ke menggali kompetensi kandidat dengan berbagai teknik pertanyaan beserta jawaban yang kandidat kemukakan. Sedangkan interview user dilakukan oleh atasan dengan menggali hal-hal yang berkaitan dengan technical atau posisi yang disasar,” jelasnya.

Pada akhir, ia memberikan sedikit fun fact mengenai hal yang sebenarnya ditekankan pada proses rekrutmen, tapi masih sering kurang diperhatikan pelamar, yakni dari segi CV yang kurang lengkap, jawaban tidak relevan saat interview, minimnya informasi yang diketahui, dan beberapa hal lain. (*)

Penulis: Leivina Ariani Sugiharto

Putri Editor : Binti Q. Masruroh

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/09/26/dpkka-unair-gelar-webinar-tingkatkan-pemahaman-tentang-alur-rekrutmen-perusahaan/

Tags :