Kenali Empat Pilar dalam Berkarir di Bidang Digital Marketing Tuesday, 27 September 2022 05:32

UNAIR NEWS – Digital marketing merupakan sebuah langkah pemasaran produk yang memanfaatkan teknologi digital. Saat ini profesi digital marketing tengah digandrungi masyarakat utamanya kalangan anak muda. Untuk itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) UNAIR gelar webinar Airlangga Career Club (ACC) dengan tajuk “Berkarir di Bidang Digital Marketing” pada Kamis (22/9/2022) melalui platform Zoom Meeting.

Pada kesempatan tersebut Ketua Digital Marketing PT Commeasure Solutions Indonesia (Reddoorz Indonesia) Angga Warella hadir sebagai pembicara. Angga menuturkan bahwasannya dengan beralih ke dunia digital marketing, perusahaan dapat mengeluarkan biaya lebih murah dibandingkan dengan promosi produk secara konvensional. Tak hanya itu, target yang dijangkau akan lebih luas dan memiliki akurasi yang lebih baik.

“Karena memiliki akurasi yang tinggi makanya uang yang dikeluarkan lebih efisien buat company dan kalau di billboard tidak ada report berapa yang melihat tapi kalau melalui digital marketing dapat dilihat berapa yang nge-klik dan berapa yang lihat,” tuturnya.

Selain itu, Angga menjelaskan bahwa untuk mempersiapkan karir di dunia digital marketing, perlu mengetahui empat pilar penting digital marketing, meliputi SEO, paid channels, CRM, dan social media. SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya optimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian. “SEO dapat dituju dengan adanya optimasi konten agar diindeks sama google,” ujarnya.

Pilar yang kedua yaitu paid channels. Paid channels merupakan iklan yang terdapat di beberapa platform online seperti youtube, facebook, google, dan tiktokPaid channels, sambung Angga memiliki dua fokus scope yaitu performance dan branding. “Performance berfokus pada bisnis kalau branding itu tujuannya untuk meningkatkan awareness brand kita,” jelasnya.

Pilar selanjutnya yaitu CRM (Customer Relationship Management). CRM merupakan tools yang digunakan untuk berinteraksi dengan user yang sudah dimiliki perusahaan. Pilar yang terakhir yaitu sosial media. Sosial media merupakan halaman penting untuk memberikan informasi kepada follower sosial media.

“Kalau saya ngefollow page instagramnya Reddoorz, pentingnya sosial media itu buat orang-orang seperti saya, mereka terus memberikan informasi ada promo apa, ada fitur baru apa,” tutur Angga.

Pada akhir Angga menekankan bahwa dari keempat pilar tersebut, paid channels dinilai dapat memberikan dampak lebih besar terhadap bisnis sebuah perusahaan.   

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/09/26/kenali-empat-pilar-dalam-berkarir-di-bidang-digital-marketing/

Tags :