Gandeng PT Suparma Tbk, DPKKA UNAIR Bahas Peluang Kerja di Industri Pulp dan Kertas Thursday, 06 October 2022 03:38

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) bekerja sama dengan PT Suparma Tbk kembali mengadakan webinar series Airlangga Career Club, Selasa (4/11/2022) via daring. Pada kesempatan kali ini, Imelda Agustina selaku manager recruitment, training, and development hadir sebagai pembicara untuk mengulas lebih jauh peluang berkarir di industri pulp dan kertas.

Mengenal Industri Pulp dan Kertas

Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil pulp dan kertas terbesar di dunia yang menempati peringkat ke-9 untuk produsen pulp, sedangkan produksi kertas berada di posisi ke-6 pada tahun 2018. Saat ini, terdapat 84 perusahaan pulp dan kertas di Indonesia yang turut berkontribusi dalam perekonomian nasional.

“Untuk market size dari tahun 2018 sampai 2029 yang diprediksikan itu grafiknya naik, walaupun ada pandemi tiga tahun terakhir kita tidak terdampak justru bertumbuh 0,1 persen secara global. Jadi bayangkan, begitu banyaknya peluang yang bisa kita manfaatkan apabila berkarir di dunia pulp dan kertas,” jelas Imelda.

Hal tersebut karena tingginya permintaan tisu di sektor kesehatan dan produk kemasan dengan didorong peralihan preferensi dari plastik menjadi kertas yang lebih bersifat ekologis. Meski begitu, ia menyebut terjadi perubahan dalam industri pulp dan kertas selama pandemi dimana produksi kertas mengalami penurunan akibat maraknya budaya paperless.

Menilik Peluang Karir di PT Suparma Tbk

PT Suparma Tbk adalah perusahaan pulp dan kertas yang berdiri sejak tahun 1976 di Surabaya dan telah memiliki beberapa depo di Jakarta, Bandung, dan Bali. Dalam proses rekrutmen, perusahaan ini menggunakan dua jalur melalui jalur reguler dan Suparma Management Trainee Program (SMTP) yang sempat terhenti saat pandemi melanda.

Program management trainee batch selanjutnya maupun magang akan kembali dibuka tahun depan untuk mencari kandidat dengan standar kompetensi mencakup intrapersonal, interpersonal, motivasi, manajerial, dan analitis. Adapun informasi lebih lanjut terkait kesempatan karir, bisa klik di sini.

Selain itu, Imelda juga membagikan pengalamannya sebagai seorang rekruiter selama satu dekade terakhir perihal menentukan kriteria calon karyawan yang dicari perusahaan. “Kalau saya bilang ada tiga poin untuk menjadi karyawan yang baik dan potensial yaitu mau belajar, tidak mudah putus asa, dan mudah beradaptasi,” pungkasnya.

Penulis: Sela Septi Dwi Arista

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/10/05/gandeng-pt-suparma-tbk-dpkka-unair-bahas-peluang-kerja-di-industri-pulp-dan-kertas/

Tags :