Usung Wayang Cepot, Mahasiswa FIB Raih Harapan 1 LKTIN Sriwijaya Thursday, 06 October 2022 04:05

UNAIR NEWS – Mahasiswa FIB UNAIR tak henti menorehkan prestasi yang membanggakan. Salah satunya yaitu Raselly Elfa Putri, Rafli Noer Khairam  dan Yulia Rohmawati berhasil meraih juara harapan 1 LKTI Nasional Pesta Ilmiah Sriwijaya. Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh UKM U-READ Universitas Sriwijaya secara daring dan berakhir pada sesi awarding pada (2/10/2022).

Yulia mewakili dari seluruh tim menjelaskan beberapa tahapan seleksi dalam kompetisi tersebut yakni pengumpulan full paper, seleksi 10 besar, dan seleksi final, dan tahap wawancara.

Dalam kompetisi itu mereka mengusung wayang cepot sebagai peningkatan pendidikan karakter pada anak dengan cara regenerasi budaya. Wayang Cepot dipilih karena karakter yang dibawakan oleh wayang cepot memiliki moral value terutama untuk anak anak.

Dalam karakter wayang cepot juga baik untuk melatih perkembangan kognitif dan emosional bagi anak anak. Gagasan itu diterapkan dengan menggunakan teknologi augmented reality dengan memperkenalkan kepada anak-anak untuk melek teknologi dan membuat pembelajaran pendidikan karakter yang menarik dan inovatif.

Selain mempersiapkan materi dengan matang, kekompakkan dalam tim merupakan hal  cukup penting. Dalam satu tim harus memiliki visi dan misi yang sama agar selama kompetisi memperoleh hasil yang baik dan memuaskan.

Di akhir, Yulia dan tim berharap dengan gagasan itu dapat menjadi solusi bagi masyarakat dan berharap dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari.

Penulis : Satrio Dwi Naryo

Editor : Khefti Al Mawalia

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/10/06/usung-wayang-cepot-mahasiswa-fib-raih-harapan-1-lktin-sriwijaya/

Tags :