Peduli Diabetes, Mahasiswa FIB UNAIR Raih Juara 3 di LPII FEB Universitas Riau Tuesday, 11 October 2022 04:54

UNAIR NEWS – Prestasi kembali dicetak oleh Mahasiswa FIB UNAIR yaitu Muhammad Nauris Firdaus Rofaudin, Nuzula Maghfiro dan Yulia Rohmawati. Mereka berhasil meraih juara 3 dalam kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional INSTINCT 6 oleh FEB Universitas Riau pada (20/07/2022 – 2/10/2022)

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional INSTINCT 6 merupakan kompetisi karya tulis ilmiah yang mengajak untuk pemuda dapat berinovasi dan riset bersinergi dengan tema yang diusung yaitu The Action of Gen Z as the Golden Generation to Revive and Restore the Indonesian Economy with G20 Presidency.

Dalam kompetisi itu, mereka memperkenalkan inovasi MELITOO. MELITOO merupakan inovasi kafe sehat dengan langkah mencegah diabetes pada Gen Z  melalui pemberdayaan UMKM produsen pemanis buatan stevia. 

Gagasan yang mereka canangkan berawal dari mulai maraknya minuman viral yang mengandung gula yang tinggi dan Gen Z menjadi target pasar mereka. Hal ini mendorong mereka untuk memberikan edukasi pada Gen Z tidak berlebihan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.  

Selain gagasan tersebut, mereka juga mengajak UMKM produsen pemanis buatan stevia untuk mendukung inovasi yang mereka canangkan. Nauris mewakili satu tim menjelaskan bahwa dalam mengikuti kompetisi ini mereka melewati beberapa tahapan, mulai dari seleksi abstrak, pengumpulan full paper dan tahap presentasi gagasan.

Di akhir, Nauris memberikan pesan kepada mahasiswa agar berani dalam memulai sesuatu dan jangan malu untuk menyuarakan suatu ide atau gagasan. “Bekerja dengan tim dan menjaga kekompakan merupakan kunci tampil maksimal dalam sebuah kompetisi,” ungkapnya.

Penulis : Satrio Dwi Naryo

Editor : Khefti Al Mawalia

Sumber : https://www.unair.ac.id/2022/10/07/peduli-diabetes-mahasiswa-fib-unair-raih-juara-3-di-lpii-feb-universitas-riau/

Tags :