Mahasiswa FISIP UNAIR Sabet Juara I Lomba Esai Nasional Bertema Ekonomi Tuesday, 11 October 2022 04:57

UNAIR NEWS – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR). Kali ini giliran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang meraih Juara I Himakta National Essay Competition 2022. Delegasi yang berhasil menyabet gelar Juara I itu adalah Devira Hannum Harahap (2020) dan Fadilla Sittatus Syawwala (2020).

Melalui wawancara dengan UNAIR NEWS pada Minggu (9/10/2022), Fadilla menjelaskan bahwa Himakta Essay Competition merupakan lomba esai tingkat nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tidar. Lomba yang dilaksanakan pada 15 Juli sampai dengan 26 September 2022 tersebut, ujar Fadilla, mengusung tema “The Role of Students in Improving The Quality of Human Resources by Implementing The Value of Local Wisdom to Support Indonesia’s Economic Recovery in The Era of Society 5.0”.

“Topik yang kami angkat pada esai kami, yaitu ‘Bajo Days Festival (Bayfest): Hybrid Festival Kearifan Lokal Masyarakat Labuan Bajo Sebagai Upaya Mendukung Peningkatan Ekonomi Pariwisata Era Society 5.0’,” tutur Fadilla.

Fadilla bercerita persiapan yang mereka lakukan dalam perlombaan itu selama dua bulan. Ia sempat merasa kesulitan karena lomba esai nasional tersebut kali pertama bagi dirinya. Sebaliknya, Devira sudah beberapa kali mengikuti lomba esai nasional, namun baru kali ini menjadi pemenang.

“Untuk kesulitannya sebenarnya saat mencari ide yang solutif, inovatif, dan menarik. Kami ingin esai kami tidak hanya dapat memikat juri, tetapi juga benar-benar bisa memberi ide yang kontributif,” sambungnya.

Devira menambahkan, ada banyak aspek yang harus mereka pertimbangkan saat menyusun esai, mulai membuat konsep hingga realisasi dari ide tersebut. Mereka tidak menyangka bisa menjadi Juara I karena keduanya berasal dari jurusan Ilmu Politik, sedangkan tema lomba esai tersebut tentang perekonomian.

“Tentu saja lomba ini memiliki kesan sangat seru bagi kami karena baru kali ini dapat mempresentasikan ide kami kepada dewan juri dan diterima oleh khalayak,” ucap Devira.

Sebagai penutup, mereka berpesan untuk jangan pernah merasa puas dengan apa yang didapatkan agar dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Fadilla juga memberikan tips untuk selalu mencari ide dan solusi yang berasal dari permasalahan di sekitar ketika mengikuti lomba esai, karena biasanya permasalahan itulah yang menarik, namun sering luput dari pandangan orang lain.

“Kuasai materi esai yang diangkat, belajar menulis diksi esai yang mudah dipahami, serta belajar membuat Power Point semenarik mungkin. Jangan lupa juga untuk yakin dengan kemampuan sendiri, berusaha sebaik mungkin, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Fadilla. (*)

Penulis: Dewi Yugi Arti

Editor: Feri Fenoria

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/10/09/mahasiswa-fisip-unair-sabet-juara-i-lomba-esai-nasional-bertema-ekonomi/

Tags :