Sambut Mahasiswa Studi di UK, IKA UNAIR Berikan Tips Sukses Kuliah di UK Monday, 17 October 2022 03:37

UNAIR NEWS – Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga (IKA UNAIR) di UK sambut kedatangan mahasiswa baru di UK dengan ngobrol santai pada Minggu (9/10/2022). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk sharing session tersebut dipandu oleh ketua PPI UK, Abdul Kodir. Tak hanya itu, IKA UNAIR di UK, Prof Delvac Oceandy dan Desra Percaya turut hadir dengan membeberkan tips sukses belajar di UK.

Delvac menuturkan bahwa dapat menempuh studi di luar negeri merupakan kesempatan emas yang diinginkan oleh banyak orang. Menurutnya, kesempatan tersebut janganlah disia-siakan.

“Sudah jauh-jauh ke UK harus sukses studi. Apalagi sudah dibiayai entah dari mana pendanaan apapun itu, harus amanah dengan studinya,” tuturnya.

Tak hanya itu, keberadaan alumni UNAIR di UK juga diharapkan memberikan sumbangsih kepada almamater UNAIR. “Kita di posisi strategis sebagai alumni dan pelajar disini, harus berpikir apa yang bisa diberikan untuk almamater. Lebih luas lagi manfaat dan kontribusi apa untuk bangsa Indonesia dapat melalui proyek riset, global networking dan yang lainnya,” jelas Delvac.

Pada lain sisi, perbedaan bahasa menjadi tantangan tersendiri bagi alumni UNAIR dalam berinteraksi sebagai mahasiswa baru di UK. Oleh karena itu Desra menjelaskan bahwasannya kunci sukses dalam berinteraksi adalah rasa percaya diri.

“Baik dalam academic writing maupun speaking dan express argument. Tidak perlu pronunciation mirip bule. Jadilah dirimu sendiri dan pakai kata yang jelas serta lugas,” tuturnya.

Pada akhir, Desra menegaskan pentingnya memiliki lingkup pertemanan yang dapat mendukung selama proses belajar di luar negeri. Salah satunya yaitu menjalin hubungan dengan IKA UNAIR di UK.

“Carilah support system, temukan circle pertemanan yang memberikan dukungan, IKA UNAIR bisa menjadi salah satu wadah,” pungkasnya.

Penulis: Indah Afsari

Editor: Nuri Hermawan

Summber: https://www.unair.ac.id/2022/10/10/sambut-mahasiswa-studi-di-uk-ika-unair-berikan-tips-sukses-kuliah-di-uk/

Tags :