Bangga, Mahasiswa FEB UNAIR Raih Juara 3 Kompetisi Cerdas Investasi Monday, 17 October 2022 12:23

UNAIR NEWS – Prestasi kembali ditorehkan oleh Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR). kini, raihan tersebut dicapai oleh tiga mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNAIR dalam bidang investasi. Muchammad Fadli Ar Rosid, Roswinda Ahnia Karim, dan Cakrawala Ilmi, berhasil memperoleh juara ketiga dalam Kompetisi Cerdas Investasi (KCI).

Kepada UNAIR NEWS (13/10/2022), Fadli menuturkan bahwa dirinya bersama tim memiliki ketertarikan terhadap dunia investasi dan pasar modal. Hal tersebutlah yang akhirnya menuntun langkah untuk membuat sebuah tim bersama dan menyelesaikan lomba hingga menduduki peringkat ketiga.

“KCI tidak hanya kompetisi dengan ajang untuk pamer otak namun di kompetisi ini para tim diberikan evaluasi dan arahan bagaimana mengatur aset investasi, perhitungan dan dalam mengambil keputusan,” ujarnya.

KCI merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan JTV untuk mendorong minat investasi di Jawa Timur. Pada babak penyisihan, peserta diarahkan untuk memilih saham dan disertai dengan alasan yang kuat.

“Pada babak semifinal kita membuat presentasi valuasi saham dan mempresentasikannya. Pada babak ini terdapat 35 tim dari berbagai universitas di Jawa Timur,” tambahnya.

Dengan kesolidan dan kemampuan yang dimiliki, akhirnya mengantarkannya melaju ke babak final. Dalam kegiatan yang disiarkan oleh JTV, finalis diminta untuk melakukan presentasi sebuah studi kasus mengenai financial planner serta  menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh panelis, salah satunya Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak.

Bagi Fadli, keberhasilan yang dapat merupakan upaya bersama yang patut disyukuri. Ketertarikannya pada pasar modal akhirnya mengantarkannya pada sebuah capaian prestasi. Menurutnya, kemampuan atas investasi merupakan hal yang patut diusahakan. Karena hal tersebut merupakan instrument dimana kita mampu memanfaatkan kekayaan finansial untuk mendapatkan imbal hasil dikemudian hari.

“Investasi itu sendiri bisa ditempatkan di berbagai tempat seperti pasar modal, properti, pembukaan usaha, dan lainnya. Namun disini, kita memutuskan berinvestasi di dalam pasar modal,” pungkas mahasiswa jurusan Akuntansi tersebut.

Ke depan, ia berharap, langkah kecil yang dilakukan bersama timnya mampu memberikan inspirasi kepada mahasiswa hingga masyarakat lainnya dalam hal investasi. Setelah itu, ia ingin memberikan pondasi untuk memberikan semangat berkompetisi khususnya bagi anggota Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM).

“Kemampuan pengelolaan keuangan merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh generasi Z. Selain itu, berinvestasi ingat pesan 2L, Legal dan Logis, serta 3P, Paham, Punya, dan Pantau,” tutupnya.

Penulis: Afrizal Naufal Ghani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/10/14/bangga-mahasiswa-feb-unair-raih-juara-3-kompetisi-cerdas-investasi/

Tags :