Alumni FEB UNAIR Kupas Tuntas 5 Komponen dalam Business Plan Monday, 17 October 2022 13:38

UNAIR NEWS – Perencanaan bisnis merupakan kunci utama yang harus disiapkan ketika membuka usaha. Tak hanya itu, business plan juga dapat menjadi ajang kompetisi untuk mengeksplorasi ide-ide bisnis yang kreatif dan inovatif.

Haflan Alfiri Widrayat SM, alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) membahas inti rancangan bisnis dalam Management Competition Training 2022 Session 2 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) Manajemen UNAIR pada Minggu (16/10/2022). Webinar ini nantinya akan dilanjutkan dengan sesi pelatihan khusus bagi mahasiswa program studi Manajemen sebagai bekal menuju Business Plan Competition.

Menurut Haflan, perencanaan bisnis dalam berbagai bidang usaha terdiri dari lima komponen. Lalu, apa saja?

1. Manajemen Strategi

Suatu bisnis dimulai dari adanya ide untuk menghasilkan barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selanjutnya, seorang perancang usaha perlu mengidentifikasi produknya menggunakan analisis SWOT mencakup kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

“SWOT ini umum cuma seringkali masih salah penempatan karena terbalik-balik. Intinya ada di kekuatan-kelemahan itu internal, sedangkan peluang-ancaman terkait faktor eksternal,” jelas mantan juara pertama Business Plan Competition FIFGroup tersebut.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

Berkaitan dengan struktur organisasi yang terbagi dalam divisi-divisi berdasarkan keahlian tertentu.  Kemudian, adanya pembagian tugas yang jelas seperti job description, target, dan penilaian kinerja.

3. Manajemen Pemasaran

Menentukan segmentasi pasar sekaligus target konsumen melalui buyer persona yang diperoleh dari hasil riset. Terdapat empat unsur dalam mengembangkan strategi pemasaran yaitu produk, promosi, tempat, serta harga.

“Promosi di era digital sekarang perlu melihat karakteristik dari tiap konsumen dalam media sosial. Misalnya, promosi di Tiktok karena penggunanya lebih banyak generasi Y dan Z jadi pembawaannya juga harus lebih have fun daripada Instagram atau Facebook,” ujarnya.

4. Manajemen Operasional

Rancangan pengelolaan dimulai dari pembuatan jadwal kegiatan hingga deskripsi dari proses bisnis yang sudah berjalan. Peraih medali emas PKM-K PIMNAS 34 USU 2021 ini juga menjelaskan terkait manajemen risiko yang dapat diminimalisasi dengan cara diversifikasi produk maupun penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP).

5. Manajemen Keuangan

Mencatat pengeluaran yang telah dikelompokkan untuk tujuan memaparkan penggunaan dana pada investor. Selain itu, melakukan proyeksi keuangan yang disesuaikan pada jumlah penjualan dan analisis rasio keuangan.

Penulis: Sela Septi Dwi Arista

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/2022/10/17/alumni-feb-unair-kupas-tuntas-5-komponen-dalam-business-plan/

Tags :