Mahasiswa UNAIR Raih 5 Medali di Lomba ON-MIPA-PT 2022 Friday, 21 October 2022 01:43

UNAIR NEWS – Dalam rangka meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi dan kualitas Universitas, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengadakan Olimpiade Nasional bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT). Perlombaan tingkat nasional ini diikuti oleh 83 Universitas yang ada di seluruh Indonesia. 

Puspresnas menyelenggarakan Olimpiade Nasional ONMIPA pada bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi. Tahun ini 5 Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil membawa pulang medali pada 3 bidang. Diantaranya M. Zulqi Prishandi dari Fakultas Kedokteran meraih medali emas bidang biologi, Fadli Januar dari  Fakultas Kedokteran meraih medali perak bidang fisika, Syauqie Alifian Wandhara dari Fakultas Kedokteran meraih honorable mention bidang kimia, serta Nur Shofwan Zahroni dari Fakultas Kedokteran dan Riyo Sanda Aliyulfahmi dari Fakultas Sains dan Teknologi meraih honorable mention pada bidang biologi. 

Tahapan Seleksi Perlombaan 

Sebelum mengirimkan delegasi untuk maju ke tahap nasional, pihak UNAIR melakukan seleksi pertama untuk menyaring mahasiswa di setiap bidangnya. Pada tahap pertama mahasiswa UNAIR wajib mengerjakan soal sesuai bidang dan dipantau melalui zoom oleh dosen dan kemahasiswaan UNAIR. 

“Dalam seleksi tahap awal ini kemudian dipilih 5 delegasi per bidang untuk maju ke tahap regional,” ucap Syauqie Alifian. 

Pada tahap regional para delegasi di setiap Universitas akan kembali mengerjakan soal-soal secara daring dan dipantau oleh panitia melalui zoom. Dari seleksi tersebut, 13 mahasiswa UNAIR berhasil menjadi delegasi untuk maju ke tahap nasional. Terdapat kurang lebih 62 mahasiswa dari seluruh Universitas di Indonesia pada setiap bidangnya yang akan maju ke tahap nasional. 

Dalam tahap nasional ini para peserta yang terpilih mewakili Universitas masing-masing akan berlomba secara luring di Universitas Brawijaya (UB), Malang. Tahun ini UB menjadi tuan rumah pelaksana ONMIPA tahun 2022 yang berlangsung pada 19-23 September 2022.  

Lalui berbagai proses 

Dalam perlombaan ini banyak proses yang harus dilakukan. Mahasiswa dan dosen UNAIR  juga harus mempersiapkan diri untuk bisa melalui setiap tahapnya. Hingga bisa mengirimkan 13 delegasi ke tahap nasional merupakan suatu pencapaian yang membanggakan. 

“Semoga dengan kemenangan ini bisa mengharumkan nama UNAIR dalam perlombaan sains. Semoga juga dengan pencapaian kami ini bisa memotivasi teman-teman mahasiswa UNAIR lainnya untuk dapat ikut berkompetisi di tahun depan dan meningkatkan lebih lagi prestasi UNAIR,” tutupnya. 

Penulis: Monika Astria Br Gultom 

Editor: Feri Fenoria 

Sumber: https://www.unair.ac.id/mahasiswa-unair-raih-5-medali-di-lomba-on-mipa-pt-2022/

Tags :