FRI 2022, Nadiem Makarim: Transformasi Perguruan Tinggi Dukung Indonesia Emas 2045 Monday, 31 October 2022 04:03

UNAIR NEWS – Forum Rektor Indonesia kini kembali digelar. Acara Konvensi Kampus ke-XXVIII dan Temu Tahunan ke-XXIV tersebut diselenggarakan di Universitas Airlangga selaku tuan rumah pada 29-30 Oktober 2022. Rektor UNAIR, M. Nasih, menyambut baik kehadiran berbagai pihak dalam acara tersebut.

Acara yang dihadiri oleh 345 institusi itu turut mengundang beberapa menteri dan jajarannya, tak terkecuali Nadiem Makarim BA MA selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dalam sambutannya pada Sabtu (29/10/2022), Nadiem menyampaikan pentingnya transformasi perguruan tinggi untuk mendukung terciptanya Indonesia Emas tahun 2045 mendatang.

“Tak lama lagi Indonesia akan mencapai 100 tahun kemerdekaannya. Perubahan perlu dengan segera kita lakukan karena waktu berjalan begitu cepat. Jika kita tidak mempersiapkan diri bersama, sulit bagi kita untuk mewujudkan kedaulatan bangsa menuju momentum Indonesia Emas tahun 2045,” ungkapnya.

Lebih lanjut, melalui sebuah siaran video conference, Nadiem juga menekankan pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak. Tidak hanya perguruan tinggi, tetapi juga pemerintah dalam mendukung perubahan dan menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih baik. 

Mengusung tema “Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan, Energi, dan Obat Menuju Indonesia Emas 2045”, Nadiem tak lupa menyampaikan beberapa hasil dan capaian yang telah diperoleh sebagai hasil kolaborasi berbagai stakeholders yang telah berjalan.

“Perlu diketahui juga bahwa dana kolaborasi ini mencapai 13T dan diprioritaskan menyasar 

sektor-sektor prioritas seperti pangan, energi, dan kesehatan. Dari sektor kesehatan misalnya, kami telah mendukung percepatan penurunan angka stunting yang digagas oleh perguruan-perguruan tinggi di Indonesia,” urainya.

Terakhir, Nadiem juga menekankan bahwa capaian-capaian yang telah ia sebutkan merupakan hasil dan bentuk aktualisasi dari apiknya kolaborasi dan ekosistem kerja sama yang terbangun. Tentunya komitmen untuk mendukung terwujudnya kedaulatan bangsa menuju Indonesia Emas.

“Keberhasilan-keberhasilan tersebut juga tak luput dari peran para pimpinan universitas yang konsisten dan terus mendukung pelaksanaan program kemendikbud, tak terkecuali merdeka belajar,” tutup Nadiem.

Penulis: Yulia Rohmawati

Editor: Khefti Al Mawalia

Sumber: https://www.unair.ac.id/fri-2022-nadiem-makarim-transformasi-perguruan-tinggi-dukung-indonesia-emas-2045/

Tags :