Mahasiswa FIB UNAIR Menangkan Kompetisi News Anchor Kuliner Nasional Friday, 04 November 2022 03:04

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga tak henti-hentinya menghasilkan insan bertalenta prestatif. Salah satunya melalui Almareta Anggun Prawita yang mengharumkan nama UNAIR pada Lomba Reporter Tema Kuliner Online Competition 2022 yang diadakan Bee Creative Management Event Organizer. Diumumkan pada Jumat (16/9/2022), mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) itu berhasil mendapatkan predikat Juara I pada ajang tersebut.  

Angkat Kuliner Pedas

Sesuai dengan tema yang telah ditentukan penyelenggara yaitu kuliner. Sebagai sosok anak muda penggemar makanan pedas, Almareta mengangkat kuliner bakso bringas sebagai objek review kulinernya. Dengan makanan yang disukai tersebut maka dia dapat lebih menikmati proses mereviewnya dengan enak dan nyaman. 

“Alasannya karena anak muda jaman sekarang kan suka kuliner yang pedes gitu ya jadi menurutku itu akan jadi konten yang menarik karena menggugah selera,” tuturnya. 

Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia angkatan 2019 mengungkapkan mereview makanan secara spontan dan jujur menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Dengan keterbatasan perangkat perekam, Almareta tetap mencoba membuat konten secara totalitas dan maksimal. 

“Tantangannya harus bisa review makanan secara spontan dan jujur. Selain itu untuk pengambilan gambarnya juga harus bisa menarik meskipun cuma dengan kamera  

hp,” ungkapnya.  

Berbeda dengan News Anchor Berita Formal

Menyesuaikan dengan genre berita kuliner yaitu soft news. Maka Almareta membawakan konten beritanya dengan bahasa yang santai. Cukup berbeda jika ia harus membawakan hard news dengan gaya bahasa dan penampilan yang formal. 

“Untuk bahasa yang digunakan lebih santai sih, terus lebih enjoy gitu. Kalau selain itu biasanya aku bawain hard news itu bahasanya lebih formal dan harus serius gitu bawain beritanya.  

Berawal Dari Meniru Suara News Anchor 

Mengembangkan bakat news anchor pada tahun 2021. Almareta menuturkan memulai pengembangan bakatnya dengan mengikuti suara news anchor di televisi yang dia lihat. 

“Sejak Maret 2021 aku mulai ikut lomba baca berita dan alha. Dulu awalnya emang suka niruin suara news anchor di TV terus coba aku asah dengan ikut lomba,” tuturnya. 

Almareta sangat bersyukur dengan lingkungan yang mendukung. Almareta juga sangat menikmati setiap perjalanannya. Terutama dengan terjun ke lapangan sehingga ia mendapatkan banyak hal seru dan pengalaman menarik. 

“Semakin lama menikmati banget sih karena seru, apalagi kalau harus terjun ke lapangan, banyak hal baru yang bisa aku dapetin. Harapan kedepannya bisa jadi news anchor beneran di TV,” tutupnya.  

Penulis: azhar burhanuddin 

Editor: Feri Fenoria 

Sumber: https://www.unair.ac.id/mahasiswa-fib-unair-menangkan-kompetisi-news-anchor-kuliner-nasional/

Tags :