Upacara Hari Pahlawan, Rektor Tekankan Semangat Pengorbanan Friday, 11 November 2022 08:19

UNAIR NEWS – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Hari Pahlawan selalu bertepatan dengan Peringatan Dies Natalis Universitas Airlangga. Tahun ini, kampus yang lahir pada 10 November 1954 itu genap berusia 68 tahun. 

Sebagai wujud rasa syukur, diselenggarakanlah Upacara Peringatan Hari Pahlawan dan Tasyakuran Dies Natalis pada Kamis (10/11/2022). Bertindak sebagai Pembina upacara, yaitu Rektor Universitas Airlangga, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak. Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh pimpinan, senat, sivitas akademika, hingga mahasiswa.

“Perjuangan paling berat sesungguhnya bukan perjuangan untuk melawan musuh-musuh kita yang ada dihadapan kita, melawan orang lain, tapi yang terpenting adalah melawan diri sendiri. Bagaimana kita punya kemampuan untuk melakukan yang terbaik,” ujar Rektor dalam amanatnya.

Menurutnya, pahlawan adalah mereka yang tidak hanya sekadar bekerja dan bertindak atas dasar pribadi, melainkan demi orang banyak. Mereka yang memiliki inisiatif untuk berbuat tanpa memandang suku, ras , dan aspek sensitif lainnya, merupakan salah satu ciri pahlawan yang patut diteladani.

“Oleh karena ini, kemauan untuk mengorbankan kepentingan pribadi, untuk kepentingan bangsa dan negara, untuk kepentingan umat manusia, untuk kepentingan peradaban dunia, adalah inti dari jiwa kepahlawanan,” ujarnya.

Selain itu, ia terus mengingatkan akan motto “HEBAT” untuk tidak hanya sekadar dibaca namun juga diresapi sebagai bekal kehidupan. Dalam motonya, UNAIR selalu menekankan jiwa kepahlawanan, yaitu Brave atau keberanian. Berani dalam berbagai aspek, seperti berani berkata jujur, berani melangkah adil, hingga berani menolak keburukan.

“Kita semua tidak menyangka bahwa arek-arek suroboyo mampu mengalahkan dan mengusir penjajah, yang kala itu tentunya kualitas SDM-nya lebih unggul, persenjataannya lebih canggih, uangnya lebih banyak,” tambahnya.

Dengan tanggal yang bersamaan, diharapkan, setiap peringatan Dies Natalis, disitu pulalah tumbuh jiwa kebangsaan yang semakin kuat, toleransi yang lebih kekal untuk Indonesia yang lebih baik.

“Anda bisa berasal dari mana saja, agama apa saja, status sosial apa saja. Tapi Anda semua adalah bangsa dan warga negara Republik Indonesia, Anda semua adalah mahasiswa-mahasiswa UNAIR,” tutupnya.

Penulis: Afrizal Naufal Ghani

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/upacara-hari-pahlawan-rektor-tekankan-semangat-pengorbanan/

Tags :