Dorong Mahasiswa Wirausaha, DPKKA UNAIR Gelar Webinar Creative Branding Monday, 14 November 2022 04:39

UNAIR NEWS – Untuk dapat bersaing di tengah banyaknya bisnis yang menawarkan produk serupa, brand harus dapat menjadi nilai tambah yang membedakan dari brand lainnya. Melihat pentingnya Creative Branding dalam pengembangan sebuah bisnis atau produk, Direktorat Pengembangan Karir Inkubasi Kewirausahaan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar dengan tema ini pada Selasa (1/11/2022).

Sebagai pembeda

Satriagung Caesar, Chief Executive Officer di Tada Rumah Karya sebagai pembicara menyebutkan bahwa creative branding merupakan strategi pengembangan brand secara unik sehingga menjadi pembeda dengan brand lainnya. “Secara tampak mata, creative branding dapat diterapkan pada aset-aset brand seperti logo, kemasan, slogan dan tagline,” ucap alumni Fakultas Hukum (FH) UNAIR tersebut.

Meningkatkan citra positif

Dalam webinar yang disiarkan melalui ruang temu zoom dan youtube, Satria juga menyampaikan tujuan dari creative branding yakni untuk meningkatkan citra positif dan keunikan di mata konsumen. Dengan meningkatnya hal-hal tersebut, maka secara jangka panjang strategi ini dapat meningkatkan daya jual.

Profiling

Untuk menerapkan aspek kreatif ke dalam branding, pemilik usaha harus terlebih dulu menjajaki tahapan yang disebut dengan profiling. Tahap ini adalah pemahaman terhadap tujuan, kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman bagi bisnis.

“Setelah memahami, kita dapat memilih aspek-aspek kreatif yang ingin digunakan ke usaha kita,” sebutnya.

Trend saat ini

Saat ini, penggunaan karakter-karakter unik sering diterapkan dalam creative branding. “Hal ini dilakukan karena karakter yang unik dan lucu terlihat menarik bagi konsumen di segala usia. Sehingga target konsumen dapat diperluas,” jelasnya.

Webinar ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk dapat mengembangkan bisnis yang dimiliki, atau mendukung mahasiswa yang memiliki minat di dunia branding. (*)

Penulis: Stefanny Elly

Editor: Nuri Hermawan

Sumber: https://www.unair.ac.id/dorong-mahasiswa-wirausaha-dpkka-unair-gelar-webinar-creative-branding/

Tags :