Tulis Inovasi Ketahanan Pangan untuk Indonesia, Mahasiswa UNAIR Raih Juara III Essay Nasional Tuesday, 15 November 2022 05:39

UNAIR NEWS – Dua mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara III pada kompetisi lomba essay Airlangga Politics (Airpol) 7.0. Kompetisi yang diselenggarakan pada Sabtu (5/11/2022) itu diinisiasi oleh HIMA Politik UNAIR. Mereka ada adalah Isnugroho Priambudi prodi Ilmu Politik dan Muhammad Nur Ilham prodi Hubungan Internasional.

Isnugroho menyampaikan, dalam lomba essay tersebut ia dan tim memilih tema Pengaruh Kebijakan Ketahanan Pangan dengan Perubahan Iklim di Indonesia. Ia dan tim fokus mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Keduanya mengkritisi kebijakan hukum pangan yang mana pemerintah mengambil wilayah hutan menjadi pertanian dan menggaungkan kembali swasembada.

“Swasembada yang digarisbawahi ini berbeda dengan jaman Presiden Soeharto. Pada periode tersebut Indonesia berhasil meraih swasembada pangan melalui beras. Kendati demikian, Indonesia masih mengimpor beras di negara India,” jelas Isnugroho. Selain itu, lanjutnya, infrastruktur perlu dibangun kembali dengan petani diberi ilmu pertanian yang modern dan jumlah komoditi pangan juga ditambah.

“Jadi ketahanan pangan jangan hanya fokus pada beras. Jumlah komoditi pangan bisa dengan sagu dan gandum, misal adanya gagal panen padi, komoditi pangan lainnya dapat menutupi kegagalan panen tersebut,” ungkap Isnugroho.

Ilham sebagai ketua tim menambahkan, latar belakang mengambil tema tersebut adalah melihat pangan sebagai kebutuhan primer tapi di Indonesia jarang untuk dibahas. Kenyataannya, di daerah pelosok banyak yang  kekurangan pangan dan ini menjadi pelajaran penting untuk dikaji. Menurut data yang yang mereka himpun, 70 persen penghasilan dihabiskan untuk pangan.

Kegemaran Ilham dan Isnugroho dalam menulis essay menjadi pengisi kegiatan di akhir semester perkuliahan. Tulisan bertema ketahanan pangan tersebut bertepatan dengan tema talkshow di Airpol 7.0 dan direspons positif oleh Asisten deputi II Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia selaku pembicara.

“Harapan kami seengaknya di akhir semester ini tidak dihabiskan dengan kuliah dan organisasi saja, tapi juga berani mengikuti kompetisi untuk menambah pengalaman lomba yang bisa juga dituliskan di CV,” pungkas Ilham. (*)

Penulis: Mutiara Rachmi karenina

Editor: Binti Q Masruroh

Sumber: https://www.unair.ac.id/tulis-inovasi-ketahanan-pangan-untuk-indonesia-mahasiswa-unair-raih-juara-iii-essay-nasional/

Tags :